Ini 5 Penyakit yang Dapat Ditularkan oleh Tikus Selain Leptospirosis

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 18:44 WIB
loading...
Ini 5 Penyakit yang Dapat Ditularkan oleh Tikus Selain Leptospirosis
Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh tikus. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh tikus . Namun rupanya bukan hanya penyakit itu saja yang disebabkan oleh hewan pengerat ini. Masih banyak penyakit yang ditimbulkan akibat tikus.

Leptospirosis pada dasarnya adalah infeksi bakteri yang ditularkan oleh tikus ketika seseorang memiliki luka terbuka. Meskipun ditularkan dari hewan, penyakit ini tidak dapat menular antar sesama manusia.

Baca juga : Kencing Tikus hingga Tifus, Waspada Penyakit di Musim Hujan

Bila didiamkan, penyakit leptospirosis bisa berkembang lebih parah hingga menyebabkan meningitis atau radang selaput otak.

Berikut lima penyakit yang dapat ditularkan oleh tikus :

1. RBF (Rat bite fever)

Dikutip dari cdc.gov, penyakit dari tikus ini disebabkan oleh dua bakteri yang berbeda yakni, Streptobacillus moniliformis yang menyebar di kawasan Amerika Utara dan Spirillum minus yang umumnya berada di Asia.

Orang biasanya terinfeksi penyakit ini melalui gigitan atau mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi urin dan kotoran hewan pengerat yang membawa bakteri tersebut.

2. LCM (Lymphocytic Choriomeningitis)

Penyakit ini disebabkan oleh virus choriomeningitis limfositik (LCMV). Selain tikus, penyakit ini dapat ditularkan melalui gigitan atau terkena urin dari hewan pengerat tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)