Ini 5 Penyakit yang Dapat Ditularkan oleh Tikus Selain Leptospirosis

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 18:44 WIB
loading...
A A A
Kasus penyakit ini memang jarang terjadi, namun jangan diremehkan karena penyakit ini dapat berkembang lebih jauh hingga menimbulkan peradangan pada sumsum tulang belakang.

Baca juga : Muncul Penyakit Misterius di Jakarta Akibat Tikus, Menkes Minta Masyarakat Tak Khawatir

3. Pes

Bakteri Yersinia pestisida yang ditularkan oleh tikus dan hewan pengerat lainnya merupakan penyebab penyakit ini. Bakteri ini dibawa oleh kutu yang tertular dari hewan pengerat.

Biasanya penyakit ini kerap menjangkit wilayah yang sanitasinya buruk dan padat penduduk. Dalam beberapa kasus penyakit pes bisa menyerang ke sistem pernapasan terutama paru paru.

4. HFRS (Hemorrhagic fever with renal syndrome)

Penyakit yang disebabkan oleh tikus ini dapat dikategorikan seperti penyakit demam berdarah, demam berdarah epidemik, dan epidemi nephropathia.
Penyebaran penyakit yang disebabkan oleh tikus ini serupa dengan penyakit hantavirus. Penyakit ini akan lebih parah bila orang tersebut memiliki penyakit lain seperti, syok akut, gagal ginjal hingga tekanan darah rendah.

5. Hantavirus

Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS) adalah penyakit pernapasan parah, terkadang fatal, pada manusia yang disebabkan oleh infeksi hantavirus. Penyakit ini ditularkan melalui partikel partikel dari urine, kotoran, atau air liur tikus yang ada di udara kemudian terhirup oleh manusia.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penyakit ini ditularkan oleh jenis tikus rusa, tikus berkaki putih, tikus padi, dan tikus kapas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2273 seconds (0.1#10.140)