Ilmuwan Ungkap Kebiasaan Lebah yang Suka Bermain Bola

Minggu, 30 Oktober 2022 - 14:54 WIB
Ilmuwan Ungkap Kebiasaan Lebah yang Suka Bermain Bola
Lebah ternyata lebih suka bermain bola daripada bekerja. FOTO/ IST
LONDON - Lebah dikaitkan hewan pekerja keras, tetapi para peneliti pertama kali memperhatikan bahwa serangga bermain dengan bola untuk bersenang-senang, seperti halnya manusia dan anjing.

Seperti dilansir dari The Sun (30/10/2022), sekelompok peneliti melakukan percobaan pada beberapa lebah dengan memberi mereka makan bola-bola kecil.

Dalam penelitian tersebut, beberapa lebah terlihat berulang kali mendorong bola kecil meskipun mereka tidak berniat melakukannya.

Layaknya pertandingan sepak bola antar manusia, lebah muda terlihat lebih sibuk 'bermain bola' dibandingkan serangga yang lebih tua dengan mengerumuninya sebanyak 117 kali.

Tes lebih lanjut menemukan itu mengarah ke bola dan tidak memilih makanan. Studi menunjukkan lebah juga bermain game untuk bersenang-senang.

“Tentu saja mengejutkan, terkadang lucu melihat lebah bermain. Ia mendekati dan memanipulasi 'mainan' itu berulang kali," kata peneliti dari Queen Mary University of London, Samadi Galpayage.

Sebuah tim ilmuwan Inggris telah menyaksikan lebah berinteraksi dengan benda mati sebagai bentuk permainan dan menjadi bukti bahwa otak mereka lebih kompleks daripada yang dibayangkan sebelumnya.

Dia menambahkan: “Ada banyak hewan yang bermain hanya untuk bersenang-senang, tetapi kebanyakan contoh datang dari mamalia muda dan burung. Penelitian ini memberikan indikasi kuat bahwa otak serangga jauh lebih berkembang daripada yang kita bayangkan.”

Temuan, Diterbitkan di Jurnal Perilaku Hewan, berdasarkan serangkaian percobaan di mana ditemukan bahwa lebah berulang kali memutar bola ketika diberi pilihan, meskipun tidak ada insentif yang jelas untuk melakukannya.

Lebah yang lebih muda ditemukan menggulung lebih banyak bola daripada lebah yang lebih tua, sementara lebah jantan dewasa berguling lebih lama daripada lebah betina.