Kandungan Air Zamzam yang Membuat Bisa Diminum Sambil Berdiri

Senin, 31 Oktober 2022 - 14:54 WIB
loading...
Kandungan Air Zamzam yang Membuat Bisa Diminum Sambil Berdiri
Kandungan Air Zamzam yang membuat bisa diminum sambil berdiri. FOTO/ IST
A A A
KAIRO - Kandungan Air Zamzam yang membuat bisa diminum sambil berdiri banyak diteliti ilmuwan Muslim, diketahui Air Zamzam sendiri sudah berusia 4.000 tahun dan memiliki kandungan yang luar biasa.

BACA JUGA - Saudi Gunakan Robot untuk Bagikan Air Zamzam untuk Jamaah Haji

Dari sumur sedalam 35 meter yang terletak di Mekkah, beberapa meter sebelah timur dari Kakbah, ini sudah banyak diteliti tidak mengandung kontaminan. Kemudian banyak umat Islam yang mencari tahu cara minum yang baik menurut Islam agar manfaat air zamzam lebih maksimal didapat.

Ibni Abbas pernah berkisah bahwa Nabi minum air zamzam sambil berdiri. Ibni Abbas mengatakan, saya menawarkan air zamzam kepada Nabi saw dan ia meminumnya berdiri.

Seperti diketahui, Nabi melarang air minum sambil berdiri di hadis lainnya. Karena kontradiksi dengan hadis-hadis sebelumnya, ulama hadits pun bersatu untuk mendiskusikan riwayat yang berbeda tersebut.

"Larangan di hadits-hadits adalah tanzihan makruh. Hal ini menjelaskan bahwa minum air sambil berdiri diizinkan," kata ulama besar Nawawi yang menjelaskan Sahih Muslim, dikutip dari Questiononislam.

“Nabi saw minum zamzam sambil berdiri untuk menjelaskan bahwa air minum saat berdiri diperbolehkan dalam agama,” jelas Imam Suyuti. Ulama Hanafi pun melihat minum Zamzam sambil berdiri sebagai mustahab (dianjurkan) berdasarkan hadits yang dilaporkan dari Ibni Abbas.

Profesor geologi dan sumber daya air di Institut Penelitian Afrika Abbas Sharaqi mengatakan, sumur Zamzam di Mekkah tidak pernah kering karena terhubung dengan air tanah terbarukan. Karena itu, air Zamzam ini dianggap berkah bagi umat Islam.

Seperi diketahui, Sumur Zamzam berasal dari zaman Ismail Ibnu Ibrahim dan terletak di sebelah timur Kakbah Suci, di dekat halaman Masjid Al-Haram.

Dokumen sejarah menunjukkan bahwa kedatangan Ismail ke Mekkah pada tahun kelahirannya, sekitar tahun 1910 sebelum masehi merupakan tahun munculnya Zamzam .
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4174 seconds (10.101#12.26)