Mesir Ungkap Kebobrokan Howard Carter, Penemu Makam Tutankhamun Ini Dinilai Arogan

Senin, 31 Oktober 2022 - 16:57 WIB
loading...
Mesir Ungkap Kebobrokan Howard Carter, Penemu Makam Tutankhamun Ini Dinilai Arogan
Arkeolog Inggris Howard Carter dan kru yang terdiri dari 60 pria dan anak-anak Mesir menemukan makam Raja Tutankhamun pada tahun 1922. Foto/Griffith Institute, University of Oxford/Smithsonianmag
A A A
KAIRO - Arkeolog Inggris Howard Carter merupakan tokoh yang paling terkenal dan mendapat pujian dunia karena menemukan makam Raja Tutankhamun . Padahal banyak orang Mesir yang membantu, dan seorang anak muda yang mungkin paling awal menemukan makam itu, namanya dirahasiakan.

Arkeolog Inggris Howard Carter sering dianggap sebagai penemu makam Tutankhamun, tetapi nama dan identitas orang Mesir yang melakukan sebagian besar pekerjaan itu sebagian besar tidak diketahui.

Saat ini, dalam pameran "Tutankhamun: Excavating the Archive" di perpustakaan Bodleian Universitas Oxford, yang berlangsung hingga 5 Februari 2023, foto-foto orang Mesir yang menemukan makam Raja Tutankhamun ditampilkan.



Foto-foto dalam pameran menunjukkan orang Mesir melakukan banyak penggalian, serta seorang dokter Mesir berpartisipasi dalam otopsi mumi Tutankhamun. Foto lain menunjukkan seorang anak laki-laki mengenakan beberapa perhiasan Tut.

Pada gambar lain, sekelompok arkeolog Amerika dan Eropa duduk untuk makan siang di dekat lokasi penggalian sementara orang Mesir melayani mereka. Menurut kurator pameran, mereka tidak mengetahui nama sebagian besar orang Mesir yang menggali makam tersebut.

“Kami hanya tahu nama empat mandor yang dipekerjakan Carter, seperti yang dia sebutkan dan terima kasih dalam publikasinya. Mereka adalah Ahmed Gerigar, Gad Hassan, Hussein Abu Awad, dan Hussein Ahmed,” kata Daniela Rosenow, seorang petugas proyek di Fakultas Studi Asia dan Timur Tengah di Universitas Oxford, kepada Live Science, Senin (31/10/2022).

Diketahui juga tahu tentang sosok Mohamed Saleh Hamdi Bey, seorang dokter medis Mesir yang mengambil bagian dalam otopsi Tutankhamun. Ada Hussein Abd el-Rassul, seorang bocah air yang, menurut beberapa cerita, adalah yang pertama, atau di antara yang pertama, menemukan makam Tutankhamun.



Dalam kebanyakan kasus, kurator pameran tidak dapat mengidentifikasi orang Mesir di foto. Sejumlah ahli Mesir Kuno mengatakan kepada Live Science bahwa Carter memiliki pola pikir kolonial dan cenderung tidak memperlakukan orang Mesir secara setara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)