Biara Kuno Ditemukan di Uni Emirat Arab, Berusia Lebih dari 1.400 Tahun

Kamis, 03 November 2022 - 22:11 WIB
loading...
Biara Kuno Ditemukan di Uni Emirat Arab, Berusia Lebih dari 1.400 Tahun
Sebuah biara Kristen kuno ditemukan di Pulau Siniyah, Umm Al Quwain, lepas pantai Uni Emirat Arab. Foto/khaleejtimes
A A A
ABU DHABI - Sebuah biara Kristen kuno ditemukan di Pulau Siniyah, Umm Al Quwain, lepas pantai Uni Emirat Arab . Ini merupakan penemuan biara kedua di Uni Emirat Arab, yang diperkirakan berusia 1.400 tahun lalu.

Pejabat setempat mengatakan, kedua biara kemungkinan dibangun sebelum Islam menyebar masuk ke Uni Emirat Arab. Bangunan biara itu hilang dari sejarah tertimbun pasir yang cukup tebal di wilayah itu.

“Fakta bahwa apa yang terjadi di sini 1.000 tahun yang lalu benar-benar luar biasa, dan ini adalah kisah yang pantas untuk diceritakan,” kata Timothy Power, seorang profesor arkeologi di Universitas Uni Emirat Arab dikutip SINDOnews dari laman khaleejtimes, Kamis (3/11/2022).

Baca juga; Berlatih Perang, Tentara Israel Temukan Reruntuhan Biara dan Gereja Era Bizantium

Biara di Pulau Siniyah, menjadi bukti sejarah kekristenan awal di sepanjang pantai Teluk Arab. Biara itu terletak di Pulau Siniyah, yang dikelilingi rawa-rawa Khor Al Beida di Umm Al Quwain, sebuah emirat sekitar 50 km timur laut Dubai, di sepanjang pantai Teluk Arab.

Pulau ini memiliki serangkaian gundukan pasir yang terlepas darinya seperti jari-jari yang bengkok. Di salah satu gundukan pasir seperti itu, di timur laut pulau itu, para arkeolog menemukan biara.

Penanggalan karbon dari sampel yang ditemukan di fondasi biara bertanggal antara 534 dan 656 masehi. Nabi Islam Muhammad SAW lahir sekitar tahun 571 dan meninggal pada tahun 632 masehi.

Dilihat dari atas, biara di denah Pulau Siniyah menunjukkan bahwa umat Kristen awal berdoa di dalam gereja lorong tunggal di biara. Kamar-kamar di dalamnya tampaknya memiliki tempat pembaptisan, serta oven untuk memanggang roti atau wafer untuk upacara komuni.

Baca juga; Penemuan Pedang Berkarat dalam Biara, Melengkung Seperti Senjata Bajak Laut

Sebuah nave juga kemungkinan memiliki altar dan instalasi untuk anggur persekutuan. Di sebelah biara terdapat bangunan kedua dengan empat kamar, kemungkinan di sekitar halaman rumah seorang kepala biara atau bahkan seorang uskup.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1376 seconds (10.177#12.26)