5 Misteri Makam Raja Tutankhamun yang Diungkap Sains, Nomor Terakhir Timbulkan Kerusakan

Kamis, 03 November 2022 - 23:59 WIB
loading...
5 Misteri Makam Raja Tutankhamun yang Diungkap Sains, Nomor Terakhir Timbulkan Kerusakan
Tepat 100 tahun lalu, makam Raja Tutankhamun ditemukan di Lembah Para Raja di tepi barat Sungai Nil di seberang Thebes (Luxor modern), pada 4 November 1922. Foto/Egyptoday
A A A
KAIRO - Tepat 100 tahun lalu, makam Raja Tutankhamun ditemukan di Lembah Para Raja di tepi barat Sungai Nil di seberang Thebes (Luxor modern), Mesir , pada 4 November 1922. Misteri tentang kehidupan Raja Tutankhamun dibayangi desas-desus sensasional.

Raja Tutankhamun lahir sekitar 1305 SM dan memerintah Mesir selama sekitar sepuluh tahun. Meskipun meninggal di usia muda sekitar 19 tahun, namun makamnya dilengkapi dengan kekayaan yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Penemuan makam Raja Tutankhamun lengkap dengan semua harta bendanya, membuat siapa pun terpukau. Namun, masih banyak misteri yang menyelimuti. Berikut 5 misteri pemakaman Raja Tutankhamun yang diungkap sains dirangkum dari laman theconversation, Kamis (3/11/2022).

1. Misteri Kematian Tutankhamun
Sulit untuk mengetahui secara pasti penyebab seseorang yang hidup di masa lalu meninggal. Apalagi Raja Tutankhamun meninggal pada usia sekitar 19 tahun, yang tergolong sangat muda bahkan untuk zaman Mesir kuno.



Baru-baru ini, penelitian menggunakan sinar-x, CT scan dan tes DNA menunjukkan Raja Tutankhamun menderita malaria. Ada beberapa kondisi medis lainnya seperti langit-langit mulut sumbing. Dia juga mematahkan kakinya tepat sebelum dia meninggal.

Semua informasi ini membantu para ilmuwan mendapat gambaran kondisi kesehatan Raja Tutankhamun sebelum kematiannya. Namun, tidak memberi tahu dengan tepat bagaimana dia meninggal, kecuali tidak ada tanda dia dibunuh.

2. Dimakamkan dengan Bunga
Ketika makam Raja Tutankhamun dibuka pada tahun 1922, dia mengenakan kerah yang terbuat dari bunga. Mereka dalam kondisi baik karena disegel di dalam peti mati bersamanya.

Karangan bunga pemakaman telah ditemukan di mumi lainnya. Tapi ini adalah satu-satunya pemakaman kerajaan di mana semua bunga ditemukan tepat saat pelayat Mesir kuno meninggalkannya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0955 seconds (0.1#10.140)