5 Misteri Makam Raja Tutankhamun yang Diungkap Sains, Nomor Terakhir Timbulkan Kerusakan

Kamis, 03 November 2022 - 23:59 WIB
loading...
A A A
Studi tentang bunga dan buah yang digunakan dalam kalung itu menunjukkan bahwa Raja Tutankhamun dimakamkan antara pertengahan Maret dan akhir April. Mempersiapkan tubuhnya untuk dimakamkan memakan waktu 70 hari, berarti Raja Tutankhamun kemungkinan besar meninggal di musim dingin.

3. Mumi Dibuat Mirip Penampilan Asli
Orang Mesir kuno mengikuti "resep" ketika membuat mumi seseorang. Setelah mengeluarkan otak dan organ dalam, garam yang disebut natron digunakan untuk mengeringkan tubuh.

Ini menghasilkan mumi yang bisa bertahan selama ribuan tahun tetapi memiliki penampilan yang kurus kering. Orang Mesir kuno percaya bahwa jiwa, atau Ka, perlu kembali ke tubuhnya untuk eksis di akhirat, tetapi Ka harus bisa mengenali tubuhnya.

Jadi, untuk membuat wajahnya tampak lebih hidup, zat seperti resin didorong di bawah kulit wajah Tutankhamun untuk membuatnya menonjol. Membentuk wajah mirip aslinya membutuhkan waktu dan keterampilan.

4. Didampingi Putri dan Istrinya
Dalam makam Raja Tutankhamun ditemukan dua peti mati mini terbuat dari kotak kayu. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 menunjukkan peti mati ini berisi dua janin perempuan.

Salah satunya adalah sekitar lima sampai enam bulan kehamilan, yang lain adalah sekitar sembilan bulan kehamilan, meninggal pada atau sekitar waktu kelahiran. Kemungkinan besar ini adalah putri Tutankhamun dan istrinya Ankhesenamun, yang sudah meninggal lebih dahulu.

Sangat jarang menemukan janin mumi. Orang Mesir kuno memang membuat mumi beberapa anak, tetapi ini pun jarang terjadi. Kehilangan anak-anaknya jelas sangat penting bagi Tutankhamun, jadi dia ingin mereka bersamanya di akhirat.

5. Ketenaran yang Merusak
Mumi Raja Tutankhamun mungkin yang paling banyak dipelajari di dunia. Kisah kemasyhurannya dan misteri yang menyelimuti telah membawa studi ilmiah yang berlebihan dan merusak tubuhnya.

Studi pertama terjadi pada tahun 1925, segera setelah muminya ditemukan. Studi terbaru dari mumi Raja Tutankhamun menggunakan CT scan canggih telah menunjukkan bahwa tubuhnya tidak lagi utuh atau bahkan lengkap.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)