Misteri Mumi Wanita Hamil Terungkap, Wajahnya Berhasil Direkonstruksi Ilmuwan Forensik

Kamis, 10 November 2022 - 21:36 WIB
loading...
Misteri Mumi Wanita Hamil Terungkap, Wajahnya Berhasil Direkonstruksi Ilmuwan Forensik
Misteri mumi wanita hamil perlahan mulai berhasil diungkap para ilmuwan Universitas Warsawa, Polandia. Foto/DailyMail/Proyek Mummy Warsawa
A A A
WARSAWA - Misteri mumi wanita hamil perlahan mulai berhasil diungkap para ilmuwan Universitas Warsawa, Polandia. Ilmuwan forensik berhasil merekonstruksi wajah mumi berusia 2.000 tahun, yang meninggal ketika sedang hamil 28 pekan.

Mumi yang disebut sebagai Wanita Misterius dimiliki Universitas Warsawa dan disimpan di Museum Nasional di Warsawa sejak 1917. Penelitian terhadap mumi wanita hamil ini dimulai pada April 2021 dalam Protek Mummy Warsawa.

Pada awal 2022 mumi wanita yang dibalsem itu dianalisis oleh tim peneliti Polandia, yang menemukan bukti adanya janin di dalam perutnya. Para peneliti percaya wanita ini meninggal sekitar 2.000 tahun ketika berusia antara 20 dan 30 tahun ketika usia kehamilannya 28 minggu.

Baca juga; Misteri Mumi Wanita Hamil, Janin yang Dikandung Tetap Awet Setelah 2.000 Tahun

Sekarang, para ahli dengan menggunakan tengkoraknya dan sisa-sisa bagian lainnya mencoba merekonstruksi wajahnya melalui gambar dua dimensi untuk mengatahui seperti apa sosoknya saat hidup di abad pertama SM. Para ilmuwan forensik berhasil merekonstruksi wajah mumi Mesir kuno hamil pertama di dunia.

“Tulang dan tengkorak, memberikan banyak informasi tentang wajah seseorang. Meskipun tidak dapat dianggap sebagai potret yang tepat, tengkorak seperti banyak bagian anatomi lainnya adalah unik dan menunjukkan serangkaian bentuk dan proporsi yang akan muncul di wajah,” kata Chantal Milani, antropolog forensik Italia dan anggota Proyek Mummy Warsawa, dikutip SINDOnews dari laman Daily Mail, Kamis (10/11/2022).

Dia menambahkan wajah yang menutupi struktur tulang mengikuti aturan anatomi yang berbeda, sehingga prosedur standar dapat diterapkan untuk merekonstruksinya. Misalnya untuk membentuk bentuk hidungnya.

“Elemen yang paling penting adalah rekonstruksi ketebalan jaringan lunak di banyak titik di permukaan tulang wajah. Untuk ini, kami memiliki data statistik untuk berbagai populasi di seluruh dunia,” ujarnya.

Baca juga; Arkeolog Mesir Ungkap Rahasia Dua Mumi Bayi di Makam Raja Tutankhamun
Misteri Mumi Wanita Hamil Terungkap, Wajahnya Berhasil Direkonstruksi Ilmuwan Forensik


Mumi Wanita Misterius ditemukan di makam kerajaan di Thebes, Mesir Hulu, yang berasal dari komunitas elite Theban. Muminya ditemukan pada awal 1800-an dan berasal dari abad pertama SM, saat Cleopatra menjadi Ratu dan kota Thebes menjadi pusat aktivitas.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1495 seconds (10.55#12.26)