Digucang Gempa 7,1 SR, PTWC Sebut Gunung Berapi Bawah Laut Tonga Masih Aktif

Jum'at, 11 November 2022 - 21:43 WIB
loading...
Digucang Gempa 7,1 SR, PTWC Sebut Gunung Berapi Bawah Laut Tonga Masih Aktif
Gempa bumi 7,1 SR diprediksi siap menghantam pesisir pantai laut Tonga. FOTO/ IST
A A A
CAPE TOWN - Gempa Bumi berkekuatan besar dengan magnitudo 7,1 skala skala richter (SR) mengguncang Tonga, Jumat (11/11/2022) hari ini. Hal ini menandakan bawah gunung berapi bawah laut Tonga masih aktif.

Seperti dilansir dari The (11/11/2022), otoritas setempat memperingatkan penduduk untuk pindah ke daratan yang lebih tinggi.

BACA JUGA - Mengerikan! Inilah Dampak Letusan Gunung Berapi Bawah Laut Tonga

"Anda disarankan untuk segera mengungsi ke daratan ke tempat yang tinggi atau ke tingkat 3 bangunan baja atau beton sampai ancaman Tsunami berlalu. Pelaut disarankan untuk pindah ke laut dalam jauh dari terumbu karang," tulis mengutip Jubir Pemerintah Tonga

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) mengeluarkan peringatan tsunami untuk Samoa Amerika,

PTWC mengatakan gelombang tsunami yang berbahaya dari gempa mungkin akan terjadi dalam jarak 300 km dari pusat gempa di sepanjang pantai Niue dan Tonga, tambahnya.

" Gempa hari ini, memperkuat gunung berapi bawah laut Tonga aktif dan siap meletus lagi,'' tulis PTWC

PTWC mengatakan gempa itu berada di kedalaman 10 km. Gempa mengguncang negara itu dengan pusat gempa sekitar 207 km (128 mil) dari ibu kota.

Rekaman dari Tonga yang dibagikan di media sosial menunjukkan sirene tsunami meraung saat orang-orang mati-matian menuju tempat yang tinggi.

PTWC mengatakan Cincin api di Tonga dikenal karena gempa bumi yang dahsyat dan gunung berapi aktif karena lempeng-lempeng yang membentuk permukaan bumi saling bertabrakan.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1361 seconds (11.210#12.26)