5 Tanda Akan Terjadi Hujan Lebat yang Dapat Dilihat Mata

Minggu, 13 November 2022 - 22:28 WIB
loading...
A A A
Hal tersebut dapat terjadi karena langit merah karena adanya pergerakan udara kering yang melewati tekanan udara yang lebih lembab. Uap lembab tersebut pun akan berubah menjadi air hujan.

3. Tidak Ada Embun saat Pagi

Pada pagi hari, Anda biasanya akan menemukan embun pada daun-daun tanaman. Namun ketika tidak terdapat embun di pagi hari, itu bisa jadi sebuah tanda akan segera turun hujan lebat.

Tidak adanya embun di daun atau rumput ini terjadi karena kondisi angin dan awan sedang kencang. Jadi, dapat diprediksikan bahwa akan segera turun hujan di hari itu.

4. Cuaca Mendung

Cuaca mendung menjadi ciri-ciri hujan yang paling mudah untuk Anda kenali. Cuaca mendung ini biasanya ditandai dengan langit yang berwarna gelap. Sinar matahari yang tidak muncul bisa memperkuat tanda akan turunnya hujan lebat.

Mendungnya cuaca dapat dilihat dari warna langit yang abu-abu atau bisa lebih gelap. Jika warna langit semakin gelap, maka dapat dipastikan hujan yang turun akan sangat lebat.

5. Munculnya Awan Cumulus dan Cumulonimbus

Awan juga bisa menjadi salah satu tanda turunnya hujan lebat. Anda bisa memprediksi turunnya hujan dari kemunculan dua awan ini, awan cumulus dan cumulonimbus.

Cumulus adalah awan yang memiliki warna putih berlapis-lapis. Di antara awan cumulus, terdapat satu awan dengan batas tepi keabu-abuan dan menjulang tinggi mirip bunga kol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)