Bawa Wakil Putin Hadir KTT G20, Inilah Kecanggihan Pesawat Kenegaraan Rusia

Senin, 14 November 2022 - 15:06 WIB
loading...
A A A
Namun, untuk versi VVIP, pesawat ini mampu terbang lebih jauh dari itu karena muatan lebih sedikit dari versi penumpang, dengan dimensi pesawat yang jauh lebih besar, sekalipun tak disebutkan dengan rinci perbedaannya

Meskipun ada delapan, namun, tidak semua pesawat siap sedia melayani pejabat Rusia karena kebutuhan MRO.

Putin sendiri diketahui pernah menggunakan pesawat kepresidenan Ilyushin Il-96-300 dengan nomor registrasi RA-96023, yang notabene hari ini melayani Sergey Lavrov menghadiri KTT G20 di Bali.

Sebagai bagian dari safety, Air Force One Rusia juga dilengkapi dengan sistem pertahanan anti rudal atau biasa juga disebut CAMS (Civilian Aircraft Missile Protection System) untuk melawan rudal anti pesawat portabel atau man-portable air defence systems (MANPADS).

Sistem pertahan anti rudal ini akan sangat berguna ketika jet tempur pengawal Air Force One Rusia (biasanya berjumlah tiga-enam) berhasil dilumpuhkan.

Namun, sistem anti rudal itu bukanlah opsi terakhir, pesawat masih dibekali dengan fitur escape pod atau kursi lontar. Hanya saja, tak disebutkan dengan jelas berapa jumlah kursi lontar yang tersedia.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)