Senin, 14 November 2022 - 17:52 WIB
908 Hari di Orbit, Pesawat Rahasia Angkatan Luar Angkasa AS Mendarat ke Bumi
Pesawat ruang angkasa rahasia Angkatan Luar Angkasa AS, X-37B mendarat kembali ke Bumi pada Sabtu 12 November 2022. Foto/NASA
FLORIDA - Pesawat ruang angkasa rahasia Angkatan Luar Angkasa AS, X-37B mendarat kembali ke Bumi pada Sabtu 12 November 2022. Pesawat rahasia X-37B memecahkan rekor terlama mengudara di orbit selama 908 hari.

Pesawat robot menghasilkan sonic-boom ketika mendarat di Fasilitas Pendaratan Antar-Jemput Pusat Antariksa Kennedy NASA di Florida. Pesawat X-37B yang dikenal dengan Misi Orbital Test Vehicle-6 (OTV-6) diluncurkan 17 Mei 2020 dari Space Launch Complex 41 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida di atas roket Atlas V 501 yang dimodifikasi khusus.

Seperti lima misi OTV sebelumnya, tujuan sebenarnya dari pesawat ruang angkasa otonom buatan Boeing, tak berawak, dan dapat digunakan kembali, tidak diklasifikasikan. Hanya sedikit informasi yang diketahui, di antaranya melakukan sejumlah eksperimen terbuka untuk NASA dan Laboratorium Penelitian Angkatan Laut.

Percobaan yang dilakukan pesawat ruang angkasa adalah Modul Antena Radiofrekuensi Fotovoltaik Laboratorium Penelitian Angkatan Laut. Eksperimen ini untuk menguji konsep memanfaatkan sinar matahari dan kemudian mentransmisikan daya ke Bumi menggunakan gelombang mikro.

Kemudian ada FalconSat-8 Akademi Angkatan Udara AS yang luncurkan dan tetap berada di orbit sebagai laboratorium langsung untuk taruna Akademi Angkatan Laut. Selain itu, ada Eksperimen Material Exposure and Technology Innovation in Space (METIS-2) NASA.

Eksperimen ini untuk menguji lapisan kontrol termal, bahan elektronik tercetak, dan bahan pelindung radiasi di luar angkasa dengan model komputer. Di sisi biologis, muatan NASA lainnya membawa benih ke luar angkasa untuk mempelajari efek radiasi kosmik dan menguji tanaman potensial di pangkalan luar angkasa di masa depan.
908 Hari di Orbit, Pesawat Rahasia Angkatan Luar Angkasa AS Mendarat ke Bumi

“Kemampuan untuk melakukan eksperimen di orbit dan membawanya pulang dengan selamat untuk analisis mendalam di lapangan telah terbukti sangat berharga bagi Departemen Angkatan Udara dan komunitas ilmiah. Penambahan modul layanan pada OTV-6 memungkinkan kami menjadi tuan rumah lebih banyak percobaan daripada sebelumnya,” kata Letnan Kolonel Joseph Fritschen, Direktur Program X-37B Departemen Angkatan Udara dikutip SINDOnews dari laman newatlas, Senin (14/11/2022).

Misi OTV-6 juga memperkenalkan modul layanan baru berbentuk cincin yang dipasang di buritan pesawat. Modul ini menyediakan lebih banyak ruang muatan untuk lebih banyak eksperimen. Misi OTV-6 melampaui rekor terlama sebelumnya yaitu 780 hari di orbit yang dipegang oleh OTV-5.