Pesawat Luar Angkasa Militer AS X-37B Catatkan Rekor 900 Hari di Orbit

Senin, 07 November 2022 - 18:49 WIB
loading...
Pesawat Luar Angkasa Militer AS X-37B Catatkan Rekor 900 Hari di Orbit
Pesawat luar angkasa robot X-37B milik militer Amerika Serikat (AS) baru saja melewati 900 hari di orbit. Foto/Boeing Space
A A A
WASHINGTON - Pesawat luar angkasa robot X-37B milik militer Amerika Serikat (AS) baru saja melewati 900 hari di orbit. Robot X-37B pada misi diam-diam terbarunya akan terus menambah rekor durasi penerbangan di luar angkasa.

Misi saat ini adalah yang keenam untuk program X-37B dan oleh karena itu dikenal sebagai OTV-6 (Orbital Test Vehicle 6 atau Kendaraan Uji Orbital 6). Robot X-37B diluncurkan pada 17 Mei 2020, dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida, dan tidak jelas kapan akan berakhir.

OTV-6 adalah penerbangan X-37B pertama yang menggunakan modul layanan untuk melakukan eksperimen. Modul layanan ini memiliki bagian belakang yang memungkinkan membawa muatan eksperimental tambahan ke orbit.



Misi tersebut juga mengerahkan FalconSat-8, sebuah satelit kecil yang dikembangkan oleh Akademi Angkatan Udara AS. Satelit itu juga disponsori oleh Laboratorium Penelitian Angkatan Udara untuk melakukan beberapa eksperimen di orbit.

Selain itu, dua eksperimen NASA berada di pesawat ruang angkasa untuk mempelajari hasil radiasi dan efek ruang angkasa lainnya, pada sampel bahan dan benih tumbuhan yang digunakan sumber makanan.

Eksperimen Laboratorium Penelitian Angkatan Laut AS (Naval Research Laboratory/NRL) juga dilakukan di pesawat luar angkasa. Program ini mengevaluasi teknologi untuk mengubah tenaga surya menjadi energi gelombang mikro frekuensi radio.

“Eksperimen itu, yang disebut Modul Antena Radio-frekuensi Fotovoltaik, atau PRAM, terus menghasilkan data. Semakin lama kita di atas sana, semakin banyak kita belajar,” kata Paul Jaffe, insinyur elektronik dan peneliti NRL dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Senin (7/11/2022).


Pesawat Luar Angkasa Militer AS X-37B Catatkan Rekor 900 Hari di Orbit


Robot X-37B tidak diragukan lagi membawa muatan lain yang tidak kita ketahui pada misi OTV-6. Teknologi yang diuji dalam program X-37B meliputi panduan lanjutan, navigasi dan kontrol, sistem perlindungan termal, avionik, struktur dan segel suhu tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2184 seconds (0.1#10.140)