Ilmuwan Temukan Penyu Purba Raksasa Sebesar Mobil

Senin, 21 November 2022 - 08:12 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Penyu Purba Raksasa Sebesar Mobil
Penyu purba raksasa hidup puluhan juta tahun lalu, menjadi penyu terbesar di Eropa dan kedua di dunia yang pernah ditemukan. Foto: ist
A A A
SPANYOL - Monster kura-kura tinggal di bumi jutaan tahun lalu. Tepatnya, sekitar 80 juta tahun lalu. Ukurannya sangat besar. Sebesar hiu putih raksasa (great white shark). Penyu purba yang ditemukan itu memiliki panjang antara 3,7 meter. Beratnya nyaris 2 ton atau sama dengan mobil MPV.

Penemuan fosil kura-kura raksasa ada di Pyrenees Selatan, Spanyol timur laut, terdiri dari panggul yang terfragmentasi tetapi hampir lengkap dan bagian dari cangkang atas, atau karapas.

Ilmuwan menduga kura-kura tersebut berasal dari Zaman Campanian, antara 83,6 hingga 72,1 juta tahun yang lalu. Spesies baru itu diberi nama Leviathanochelys aenigmatica.
Ini adalah penyu purba terbesar yang pernah ditemukan di Eropa. Tepatya, kedua setelah kura-lura Archelon yang hidup di sekitar benua Amerika Utara kuno.

Penulis korespondensi Dr Angel Lujan, dari Autonomous University of Barcelona, mengatakan: “Ukuran tubuh yang besar berevolusi sebagai respons terhadap kondisi habitat unik di laut kepulauan Cretaceous Eropa,”.

Spesimen penyu purba itu memiliki tulang khas yang menonjol ke depan dari bagian depan panggul. Bagian tubuhini berbeda dengan kura-kura laut lainnya. Menunjukkan bahwa Leviathanochelys mewakili kelompok baru penyu purba. “Tonjolantersebut mungkin berhubungan dengan sistem pernapasan. Ini mendukung hipotesis bahwa Leviathanochelys memiliki gaya hidup pelagis laut terbuka,” ungkap Lujan.

Berdasarkan ukuran panggul, peneliti menghitung Leviathanochelys bisa mencapai panjang tubuh hingga 3,74 meter. Mereka memperkirakan lebar maksimum panggulnya hampir tiga kaki (89cm) - sedikit lebih besar dari Archelon.

“Leviathanochelys adalah penyu laut terbesar yang pernah ditemukan di Eropa, dan salah satu yang terbesar yang ditemukan di seluruh dunia."

Rekor penyu terbesar di dunia yang pernah ditemukan adalah Archelon. Archelon hidup sekitar 70 juta tahun lalu menjelang akhir Zaman Kapur. Panjangnya mencapai 4,6 meter dan beratnya 3,2 ton. Sebaliknya, tidak ada kura-kura laut Eropa yang diketahui, punah atau hidup, yang panjangnya melebihi l,5 meter- sampai sekarang.

BACA JUGA: Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer? Kata Ilmuwan Wajib Olah Raga 30 Menit

Ilmuwan Temukan Penyu Purba Raksasa Sebesar Mobil

Kerangka Archelon, penyu raksasa terbesar yang pernah ditemukan. Foto: ist

”Sampai saat ini, dianggap bahwa penyu laut terbesar yang pernah mengarungi lautan, seperti Archelon, terbatas di Amerika Utara selama Cretaceous terakhir,” ungkap Lujan. “Terlepas dari kelangkaan dan sifat fragmentaris individu, bukti baru tidak hanya meningkatkan keragaman taksonomi biota penyu laut Kapur Akhir di Eropa, tetapi juga membuka jalur eksplorasi baru dan menimbulkan pertanyaan baru,” tambahnya.

Temuan ini juga menunjukkan bahwa gigantisme penyu laut berkembang secara mandiri dalam garis keturunan yang berbeda di Amerika Utara dan Eropa. Jika dibandingkan dengan Hiu Putih Besar jantan rata-rata berukuran 3,3 meter hingga 4 meter. Hiu betina lebih besar, rata mencapai 4,5 meter.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1666 seconds (11.252#12.26)