China Aktif Rekrut Personel Baru untuk Korps Astronot

Rabu, 23 November 2022 - 09:30 WIB
loading...
China Aktif Rekrut Personel Baru untuk Korps Astronot
China bersiap untuk mengirim kru astronot baru ke stasiun luar angkasa yang baru selesai dibangun. Foto/CMSA/Space
A A A
BEIJING - China menambah korps astronotnya untuk mendukung setidaknya dua misi yang masing-masing terdiri dari tiga orang untuk peluncuran ke luar angkasa pada tahun 2023. China sedang mempersiapkan setidaknya 12 hingga 14 astronot baru untuk berbagai misi ke luar angkasa.

Yang Liwei, wakil kepala perancang program luar angkasa berawak China, mengatakan kepada China Central Television (CCTV) bahwa negara tersebut telah memulai pemilihan kelompok keempat penjelajah ruang angkasa yang akan memiliki 12 hingga 14 astronot baru. Yang adalah orang pertama yang dikirim ke luar angkasa oleh program luar angkasa Tiongkok pada Oktober 2003.

Generasi ketiga astronot China ini terdiri dari total 18 astronot, terdiri dari 17 pria dan satu wanita. Di antara mereka, tujuh orang akan bekerja sebagai pilot pesawat luar angkasa, tujuh sebagai insinyur penerbangan luar angkasa, dan empat sebagai spesialis muatan.

Baca juga; 3 Astronot China Akan Pecahkan Rekor Tinggal Terlama di Luar Angkasa

“Program pelatihan para astronot cukup intensif. Kami berusaha untuk memastikan bahwa mereka dapat sepenuhnya memenuhi tujuan pelatihan dalam lebih dari dua tahun, untuk memastikan semua astronot baru mampu melakukan eksplorasi ruang angkasa di masa depan,” kata Yang dikutip dari laman leonarddavid, Rabu (23/11/2022).

Menurut Yang, rencana program luar angkasa China membutuhkan setidaknya dua kru yang terdiri dari tiga astronot untuk melakukan misi luar angkasa China setiap tahun. Rekrutmen astronot baru generasi keempat diperkirakan akan selesai dalam 18 bulan.
China Aktif Rekrut Personel Baru untuk Korps Astronot


Dikutip dari laman Space.com, China bersiap untuk mengirim kru baru ke stasiun luar angkasa yang baru selesai dibangun. Sebuah roket Long March 2F yang akan meluncurkan pesawat ruang angkasa Shenzhou 15 sudah berada di landasan di Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Gurun Gobi, Senin (21/11/2022).

Baca juga; 3 Astronot China Tiba di Stasiun Luar Angkasa Tiangong, Bertugas Selama 6 Bulan

Badan penerbangan luar angkasa China (CMSA) belum mengumumkan siapa tiga astronot yang diluncurkan. Namun dari peluncuran ini China bertujuan mengirimkan Shenzhou 15 sebelum akhir November, bersama sejumlah kru utama.

Setelah diluncurkan, Shenzhou 15 akan menuju stasiun luar angkasa Tiangong. Para kru akan disambut di atas stasiun luar angkasa tiga modul yang baru selesai dibangun oleh astronot misi Shenzhou 14.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1193 seconds (10.101#12.26)