5 Tank Canggih Rusia, Nomor Terakhir Jagoan Perang Kota

Rabu, 30 November 2022 - 15:31 WIB
loading...
5 Tank Canggih Rusia, Nomor Terakhir Jagoan Perang Kota
Rusia mengerahkan semua tank tercanggih yang dimiliki selama konflik dengan Ukraina yang mulai berlangsung sejak Februari 2022. Foto/Wikipedia
A A A
MOSKOW - Rusia mengerahkan semua tank tercanggih yang dimiliki selama konflik dengan Ukraina yang mulai berlangsung sejak Februari 2022. Sesuai peran khasnya, tank tempur utama mendukung pasukan infanteri, memimpin serangan, dan melakukan terobosan ke pertahanan musuh.

Pasukan Rusia juga masih mengandalkan tank sebagai sarana utama dukungan tembakan terkonsentrasi, bahkan selama perang perkotaan. Berikut daftar 5 tank canggih yang dimiliki Rusia dirangkum SINDOnews dari laman BulgarianMilitary, TankEncyclopedia, TheWarZone, Rabu (30/1/2022).

1.Tank T-14 Armata
5 Tank Canggih Rusia, Nomor Terakhir Jagoan Perang Kota


Tank T-14 Armata mungkin menjadi salah satu tank paling terlindungi dan dilengkapi sejumlah fitur canggih. Tank T-14 Armata memiliki pelindung dasar baru yang dikembangkan dari baja, keramik, dan material komposit.



Tank T-14 Armata memiliki tambahan baju besi reaktif eksplosif Malakhit baru dan dilengkapi dengan sistem proteksi aktif Afghanit baru. Tank T-4 Armata memiliki sistem penanggulangan baru yang mengurangi ancaman ATGW (senjata anti-tank) musuh dengan panduan semi-otomatis.

Awak tank berjumlah 3 orang dan duduk berdampingan di sel lapis baja yang terlindungi dengan baik, di bagian depan lambung. Ini adalah MBT produksi pertama dengan tata letak kru seperti itu. Tank dirancang dengan menara tak berawak dipersenjatai meriam smoothbore 125 mm baru yang lebih akurat.

Tank ini dapat meluncurkan peluru kendali anti-tank dengan cara yang sama seperti proyektil biasa. Tank dilengkapi sistem autoloader dan memiliki kemampuan memburu dan membunuh. Tank ini dilengkapi dengan mesin diesel yang menghasilkan tenaga 1.200 hp.

2.Tank T-90
5 Tank Canggih Rusia, Nomor Terakhir Jagoan Perang Kota


Tank T-90 saat ini merupakan satu-satunya tank yang diproduksi Rusia dalam jumlah besar sehingga menimbulkan kegemparan di Barat. Sejak tahun 1990-an tank T-90 adalah tank tempur utama (MBT) paling sukses secara komersial di pasar global.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)