Pertama Kali, 6 Astronot China Berkumpul di Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Jum'at, 02 Desember 2022 - 11:36 WIB
loading...
Pertama Kali, 6 Astronot China Berkumpul di Stasiun Luar Angkasa Tiangong
6 astronot China untuk pertama kali berkumpul di stasiun luar angkasa Tiangong, setelah kedatangan tiga kru misi Shenzhou 15 pada Selasa 29 November 2022. Foto/CMSA
A A A
BEIJING - 6 astronot China untuk pertama kali berkumpul di stasiun luar angkasa Tiangong, setelah kedatangan tiga kru misi Shenzhou 15 pada Selasa 29 November 2022. Pertemuan 6 astronot di stasiun luar angkasa Tiangong digambarkan media China sebagai pertemuan "reuni luar angkasa".

Tiga astronot pesawat ruang angkasa Shenzhou 15 merapat dengan stasiun ruang angkasa Tiangong 6,5 jam setelah peluncuran. Pintu palka dibuka komandan misi Shenzhou 14, Chen Dong, yang sudah berada di stasiun luar angkasa Tiangong.

Dikutip dari laman Space, Jumat (2/12/2022), Chen dan dua rekannya misi Shenzhou 14, yaitu Liu Yang dan Cai Xuzhe menyambut pendatang baru misi Shenzhou 15 , yaitu Fei Junlong, Deng Qingming dan Zhang Lu. Mereka berpelukan, menandai pertama kalinya China memiliki dua awak di atas stasiun luar angkasa Tiangong.

Baca juga; 3 Astronot Misi Shenzhou 15 Tiba di Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Kemudian 6 astronot berpose untuk video grup dan mengatakan,”stasiun luar angkasa China selalu layak untuk dinantikan.” Selain stasiun luar angkasa Tiangong, ada stasiun luar angkasa internasional (ISS) yang beredar di orbit berisi 7 astronot.

Setelah kedatangan kru Shenzhou 15, kru Shenzhou 14 segera kembali ke Bumi dalam beberapa hari ke depan setelah menyelesaikan serah terima tugas. Selama bertugas kru Shenzhou 14 mengawasi kedatangan dua modul baru ke Tiangong dan memulai tiga perjalanan luar angkasa selama misi enam bulan mereka.

Pertemuan orbit di atas kapal Tiangong juga menandai dimulainya operasi sains Tiangong. China berencana untuk mempertahankan Tiangong secara permanen dan beroperasi setidaknya selama satu dekade.

Baca juga; Spesifikasi Pesawat Ruang Angkasa China, Shenzhou-13 yang Dikembangkan dari Teknologi Rusia

China pertama kali membayangkan rencana untuk mengirim astronot ke luar angkasa secara mandiri dan akhirnya membangun stasiun luar angkasa pada tahun 1992. Akhirnya pada 2022 ini mereka mengoperasikan stasiun luar angkasa Tiangong yang ditempati 6 astronot.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1412 seconds (10.55#12.26)