5 Fakta Menarik Permafrost Tempat Ditemukannya Virus Zombie

Jum'at, 02 Desember 2022 - 19:09 WIB
loading...
5 Fakta Menarik Permafrost Tempat Ditemukannya Virus Zombie
Permafrost adalah lapisan tebal tanah, batu, dan es yang terletak di bawah permukaan tanah yang tetap membeku pada suhu 0 deraja celcius untuk waktu yang lama, tidak pernah mencair. Foto/NewAtlas
A A A
JAKARTA - Permafrost adalah lapisan tebal tanah , batu, dan es yang terletak di bawah permukaan tanah yang tetap membeku pada suhu 0 deraja celcius untuk waktu yang lama, tidak pernah mencair. Tanah yang memenuhi syarat sebagai permafrost jika tetap membeku selama minimal dua tahun berturut-turut.

Permafrost dunia umumnya terletak di daerah kutub dan subarktik pada ketinggian seperti di dekat puncak Mauna Kea di Hawaii dan Gunung Washington di New Hampshire. Tanah permafrosrt dapat diklasifikasikan sebagai permafrost kontinu, permafrost terputus-putus, dan permafrost sporadis.

Permafrost dangkal bisa berusia 150 tahun, tetapi beberapa bagian dikatakan berusia hingga 6.000 tahun, dan bahkan lebih tua. Berikut 5 fakta tentang permafrost dirangkum dari laman world atlas, Jumat (2/12/2022).

1. Menjadi Rumah Bagi Patogen Zombie
5 Fakta Menarik Permafrost Tempat Ditemukannya Virus Zombie


Gila tapi benar, permafrost mungkin menjadi rumah bagi apa yang disebut "patogen zombie". Begitu banyak yang telah membeku di tanah ini sehingga agak tidak pasti apa yang akan terjadi setelah mulai mencair dalam jumlah besar.

Baca juga; Ternyata Begini Cara Ilmuwan Hidupkan Pandoravirus, Virus Zombie dari Danau Beku di Rusia

Beberapa bakteri yang telah membeku di permafrost selama berabad-abad telah diketahui mencair dan hidup kembali. Pada tahun 2005, para ilmuwan NASA menghidupkan kembali bakteri yang dibekukan di sebuah kolam di Alaska selama 32.000 tahun terakhir, yang disebut Carnobacterium pleistocenium. Bahkan bakteri yang berusia 8 juta tahun juga telah dihidupkan kembali.

2. Luasnya Jutaan Mil Persegi
5 Fakta Menarik Permafrost Tempat Ditemukannya Virus Zombie


Tanah yang sebenarnya membeku jauh di bagian bawah sangat besar. Permafrost mencakup lebih banyak ruang daratan gabungan AS, China, dan Kanada. Diperkirakan luasnya sekitar 9 juta mil persegi (14 km persegi) di belahan bumi utara saja.

Beberapa sumber mengatakan bahwa sekitar 35 juta orang tinggal di zona permafrost. Mereka tinggal di menciptakan lingkungan yang tidak stabil untuk bangunan di banyak kota, desa, dan kota di Utara.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1969 seconds (11.97#12.26)