7 Sungai Tertua di Dunia, Nomor 6 Usianya 360 Juta Tahun

Selasa, 06 Desember 2022 - 16:31 WIB
loading...
7 Sungai Tertua di Dunia, Nomor 6 Usianya 360 Juta Tahun
Terdapat tujuh sungai tertua di dunia yang usianya telah mencapai ratusan juta tahun. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tujuh sungai tertua di dunia yang usianya telah mencapai ratusan juta tahun. Untuk mengetahui umur sungai bukanlah perkara mudah dan perlu penelitian mendalam.

Para ilmuwan perlu meneliti dan menguji banyak hal untuk menentukan usia sungai mulai dari sedimen hingga batuan di sekitarnya.

Baca juga : 10 Pohon Tertua di Dunia, Nomor 5 Dikeramatkan

Tentunya saat ini akan jarang menemukan sungai tertua di dunia karena terkadang sungai akan menghilang seiring dengan kekeringan atau bahkan pencemaran.

Berikut tujuh sungai tertua di dunia yang dikutip dari laman oldest.org :

1. Nil

Usia sungai yang berada di Afrika ini diperkirakan sekitar 30 juta tahun. Selain menjadi yang tertua sungai ini juga menjadi salah satu yang terpanjang di dunia dengan panjang 6.853 km.

Sungai ini mengalir di 11 negara di Afrika diantaranya Mesir, Sudan, Sudan Selatan, Ethiopia, Uganda, Kongo, Kenya, Tanzania, Rwanda, Burundi, dan Eritrea.

2. Colorado

Salah satu sungai yang paling terkenal di Amerika Barat Daya ini memiliki usia sekitar 6 sampai 70 juta tahun. Terdapat beberapa perbedaan pendapat tentang usia sungai yang punya kaitan erat dengan Grand Canyon ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)