Sistem Rudal Bastion Rusia, Mampu Lindungi Garis Pantai Sepanjang 600 Km dari Ancaman Musuh

Rabu, 07 Desember 2022 - 13:02 WIB
loading...
A A A
Sedangkan kendaraan peluncur sistem rudal bastion menggunakan sasis mobilitas tinggi Belarusia MZKT-7930. Kendaraan ini memiliki mobilitas lintas negara yang baik dan dapat beroperasi di medan yang berat. Kendaraan ini dioperasikan oleh 3 awak, termasuk komandan, operator, dan pengemudi.

Kendaraan ini memiliki konfigurasi peluncuran vertikal dan dapat meluncurkan kedua rudal dengan interval pendek 2-5 detik antara peluncuran. Rudal tersebut dapat digunakan hingga Sea State 7. Setelah didukung oleh kendaraan pendukung tugas tempur, peluncur Bastion-P dapat tetap siaga aktif hingga 30 hari.
Sistem Rudal Bastion Rusia, Mampu Lindungi Garis Pantai Sepanjang 600 Km dari Ancaman Musuh


Baterai sistem rudal Bastion terdiri dari 4 peluncur bergerak, 1-2 kendaraan komando dan kontrol, 1 kendaraan pendukung; 4 transloader. Kendaraan peluncur dapat ditempatkan hingga 25 km dari kendaraan komando dan kontrol. Seluruh baterai Bastion dikendalikan dari markas utama Angkatan Laut. Jika diperlukan kendaraan peluncur dapat beroperasi secara mandiri.



Rusia juga mengusulkan radar over-the-horizon tambahan untuk sistem rudal Bastion. Sebagai alternatif, Rusia menggunakan helikopter peringatan dini lintas udara Ka-31 untuk peran ini.

Militer Rusia mengoperasikan sistem rudal pertahanan pantai Bal yang sangat mirip, yang diadopsi pada tahun 2004. Sistem ini menggunakan rudal jelajah anti-kapal Kh-35 yang kurang mumpuni, tetapi membawa 8 rudal per kendaraan peluncur.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)