Spesifikasi Al Hilm, Bola Resmi Semifinal dan Final Piala Dunia 2022 Qatar

Senin, 12 Desember 2022 - 17:42 WIB
loading...
Spesifikasi Al Hilm, Bola Resmi Semifinal dan Final Piala Dunia 2022 Qatar
Adidas secara resmi meluncurkan bola khusus, yaitu Al Hilm, untuk laga semifinal dan final Piala Dunia 2022 Qatar. Foto/Adidas/Technosports
A A A
DOHA - Ada yang spesial pada babak semifinal dan final Piala Dunia 2022 Qatar. Adidas secara resmi meluncurkan bola khusus, yaitu Al Hilm, untuk laga semifinal dan final Piala Dunia 2022 Qatar .

Bola khusus ini diberi nama “Al Hilm,” dalam bahasa Arab memiliki arti “Mimpi” untuk menggantikan Al Rihla (Perjalanan). Al Rihla digunakan selama babak penyisihan grup hingga perempat final Piala Dunia 2022 Qatar.

“Al Hilm mewakili mercusuar kemilau kekuatan olahraga dan sepak bola untuk menyatukan dunia. Kami berharap semua tim yang terlibat dalam tahap akhir turnamen mendapatkan keberuntungan terbaik,” kata GM Adidas Football Nick Craggs dikutip SINDOnews dari laman hypebeast, Senin (12/12/2022).



Spesifikasi bola Al Hilm dan Al Rihla tidak terlalu berbeda, teknologi yang digunakan dan desain keseluruhan relatif sama. Dalam bola Al Hilm menggunakan sensor IMU dan teknologi “Connected Ball” untuk membantu ofisial pertandingan membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih akurat di lapangan.

Sensor dalam bola ini sudah terkenal ketika menganulir "gol rambut" Cristiano Ronaldo ketika Portugal menang lawan Uruguay 2-0 di babak penyisihan grup. Sensor ini juga mendukung sistem offside semi-otomatis yang diterapkan selama turnamen berlangsung.

Al Hilm seluruhnya terbuat dari tinta dan lem berbahan dasar air, yang lebih ramah lingkungan daripada bola sepak yang digunakan di Piala Dunia sebelumnya. Yang benar-benar membedakan Al Hilm dari Al Rihla adalah desain bola pertandingan yang unik.

Al Hilm dibuat dengan dasar berwarna emas bertekstur, yang mewakili warna trofi Piala Dunia, dan pola segitiga halus yang menyerupai pola pada bendera Qatar. Al Hilm ditampilkan dengan desain grafis yang unik, cocok untuk acara bersejarah seperti pertandingan final Piala Dunia FIFA.


Spesifikasi Al Hilm, Bola Resmi Semifinal dan Final Piala Dunia 2022 Qatar


Desainnya mengambil inspirasi dari gurun berkilauan di wilayah yang mengelilingi kota Doha di Qatar. Aksen merah tebal melengkapi grafik, mencerminkan arsitektur generatif Qatar, dan sekali lagi, bendera negara tersebut.

Al Hilm menampilkan bentuk panel dan tekstur permukaan baru yang sama yang diperkenalkan untuk Al Rihla, yaitu CRT-CORE dan Speedshell. CTR-CORE adalah Inti inovatif di dalam bola yang disetel untuk mendukung permainan yang cepat dan presisi dengan bentuk dan retensi udara maksimum

Sedangkan Speedshell adalah kulit poliuretan bola yang menampilkan tekstur mikro dan makro serta bentuk panel 20 bagian. Bola baru ini sengaja didesain tidak berbeda dari Al Rihla agar para pemain tidak merasa khawatir selama menggunakannya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4323 seconds (0.1#10.140)