Dorongan Seks Rendah Jadi Penyebab Utama Tingginya Kematian Pria di Jepang

Senin, 19 Desember 2022 - 13:50 WIB
loading...
Dorongan Seks Rendah Jadi Penyebab Utama Tingginya Kematian Pria di Jepang
Rendahnya minat kaum pria Jepang terhadap aktivitas seks tidak hanya berdampak pada industri hiburan di Jepang tapi juga kesehatan. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Yamagata University menghasilkan temuan yang memprihatinkan. Dalam penelitian itu diketahui rendahnya dorongan seks justru jadi faktor yang sangat besar tingginya angka kematian kaum pria.

Penelitian itu disebutkan IFL Science melibatkan sebanyak 20.269 orang dengan usia di atas 40 tahun. Perinciannya sebanyak 8.556 laki-laki dan 12.411 perempuan.

Para peneliti kemudian melakukan pengujian mengenai kesehatan para peserta serta tingkat minat mereka akan aktivitas seksual . Pengujian itu kemudian ditingkatkan dengan melihat korelasi pada kematian yang disebabkan oleh kanker, penyakit kardiovaskular, serta kondisi kesehatan lainnya.

Dalam penelitian itu akhirnya diketahui penyebab kematian yang sangat tinggi ditemukan di antara pria yang tidak memiliki minat seksual. Kondisi itu tetap berlaku meski telah mempertimbangkan faktor usia, diabetes, hipertensi, dislipidemia, merokok, asupan alkohol, pendidikan, status perkawinan, frekuensi tawa, dan tekanan psikologis.



Dorongan Seks Rendah Jadi Penyebab Utama Tingginya Kematian Pria di Jepang


Uniknya hal itu justru tidak ditemukan pada perempuan. Dalam penelitian yang sama terdapat kelompok perempuan yang dua kali lebih rendah akan minat seks. Uniknya kelompok perempuan itu tidak terdapat faktor kuat yang menyebabkan kematian.

“Studi ini adalah yang pertama secara prospektif memeriksa hubungan antara minat seksual dan semua penyebab kematian, dan kematian kardiovaskular dan kanker pada populasi berbasis komunitas,” tulis penulis penelitian tersebut.

Lebih lanjut para peneliti melihat adanya minat yang rendah terhadap aktivitas seks di kalangan pria Jepang terkait dengan gaya hidup yang tidak sehat. Ada kemungkinan pria dengan dorongan seks rendah merasa tidak bersemangat tentang urusan kamar tidur karena mereka juga mengalami masalah dengan sistem kekebalan, peradangan, dan sistem neuroendokrin.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2293 seconds (0.1#10.140)