Ilmuwan Rusia Siap Hidupkan Kembali Paleovirus Pembunuh Hewan Purba

Selasa, 20 Desember 2022 - 11:12 WIB
Ilmuwan Rusia Siap Hidupkan Kembali Paleovirus Pembunuh Hewan Purba
Paleovirus virus pembunuh hewan purba termasuk mammoth. FOTO/ IST
MOSCOW - Sekelompok ilmuwan yang mencoba 'menghidupkan kembali' virus kuno telah memicu kekhawatiran akan pandemi baru.

Seperti dilansir dari Daily Star, Selasa (20/12/2022, para ahli di Pusat Penelitian Vektor di Novosibirsk, Siberia, Rusia, yang menganalisis sisa-sisa gajah raksasa purba yang dikenal sebagai mammoth, badak berbulu, dan sejumlah hewan lain yang hidup selama Zaman Es.

Mereka mencoba mengidentifikasi dan menghidupkan kembali virus prasejarah yang dikenal sebagai paleovirus yang telah tidak aktif selama hampir setengah juta tahun.

Tim juga melakukan penelitian dengan tujuan mengekstraksi dan mempelajari infeksi penyebab kematian hewan prasejarah tersebut.

Namun, para ahli mengatakan, penelitian tersebut sangat berisiko karena virus yang membunuh mammoth dan hewan prasejarah lainnya juga bisa menginfeksi manusia.

Seorang ahli genom, Profesor Jean-Michel Claverie dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional di Universitas Aix-Marseille mengatakan: “Penelitian vektor sangat, sangat berisiko.

"Sistem kekebalan tubuh kita tidak pernah menghadapi jenis virus ini. Beberapa virus berusia 200.000 atau bahkan 400.000 tahun.

Pada 2019, ledakan gas menyebar melalui laboratorium yang disebut Pusat Penelitian Virologi Nasional (Vektor) di Koltsovo, Novosibirsk, Siberia, tempat penyimpanan penyakit yang sangat berbahaya termasuk Bubonic, Anthrax, dan Ebola.

Kesalahan lain di laboratorium Ebola terjadi pada tahun 2004 di Rusia yang mengakibatkan kematian seorang pekerja setelah dia tidak sengaja menusuk dirinya sendiri dengan jarum yang mengandung virus tersebut.