Gletser Greenland Mencair 100 Kali Lebih Cepat dari Perkiraan

Selasa, 20 Desember 2022 - 14:50 WIB
loading...
Gletser Greenland Mencair 100 Kali Lebih Cepat dari Perkiraan
Gletser yang mencair di pantai Greenland. Ternyata Gletser Greenland mencair 100 kali lebih cepat dari yang dihitung sebelumnya. Foto/NordForsk/climate.nasa
A A A
NUUK - Para ilmuwan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang seberapa cepat gletser Greenland mencair dan mengalir ke laut. Ternyata lapisan es Greenland mencair 100 kali lebih cepat dari yang dihitung sebelumnya.

Penghitungan ini menggunakan model baru dengan faktor interaksi unik antara es dan air di fjord yang berada Greenland. Sebelumnya, para ilmuwan menggunakan model yang dikembangkan di Antartika, yang memiliki lidah glasial mengapung di atas air laut dengan susunan yang sangat berbeda.

“Selama bertahun-tahun, orang mengambil model laju leleh untuk gletser terapung Antartika dan menerapkannya ke gletser vertikal Greenland,” kata Kirstin Schulz, peneliti Oden Institute for Computational Engineering and Sciences di University of Texas di Austin dikutip dari laman livescience, Selasa (20/12/2022).



Representasi matematis baru ini memperhitungkan faktor pencairan glasial dalam pengamatan terbaru tentang bagaimana es mencair jauh dari permukaan vertikal di ujung gletser di Greenland. Para peneliti menerbitkan temuan mereka pada bulan September di jurnal Geophysical Research Letters.

Para peneliti sudah mengetahui pemahaman mereka yang berbasis di Antartika tentang gletser Arktik bukanlah pasangan yang sempurna. Tetapi sulit untuk mendekati tepi gletser Greenland, karena mereka terletak di ujung fyord, ceruk air laut yang panjang dan sempit diapit oleh tebing tinggi, tempat air hangat memotong es.

Hal ini menyebabkan peristiwa yang dramatis, di mana bongkahan es seukuran bangunan runtuh ke dalam air dengan sedikit peringatan, dan menciptakan tsunami mini. “Tetapi semakin banyak bukti bahwa pendekatan tradisional menghasilkan tingkat pencairan yang terlalu rendah di front gletser vertikal Greenland,” katanya.

Para peneliti yang dipimpin oleh ahli kelautan fisik Rebecca Jackson dari Universitas Rutgers telah menggunakan perahu robot untuk mendekati tebing es yang berbahaya ini dan melakukan pengukuran. Mereka telah melakukan ini di Gletser LeConte Alaska serta Kangerlussuup Sermia di Greenland.



Pengukuran Jackon menunjukkan bahwa model berbasis Antartika secara besar-besaran meremehkan pencairan glasial Arktik. LeConte, misalnya, menghilang 100 kali lebih cepat dari prediksi model.
Gletser Greenland Mencair 100 Kali Lebih Cepat dari Perkiraan


Campuran air tawar dingin dari gletser dan air laut yang lebih hangat mendorong sirkulasi laut di dekat gletser dan lebih jauh lagi di lautan, yang berarti pencairan memiliki implikasi yang luas. Lapisan es Greenland juga penting untuk kenaikan permukaan laut, Es Greenland menampung cukup air untuk menaikkan permukaan laut hingga 6 meter.

Model baru menggunakan data terbaru dari misi dekat gletser bersama dengan pemahaman yang lebih realistis tentang bagaimana permukaan gletser yang curam dan seperti tebing berdampak pada hilangnya es. Hasilnya konsisten dengan temuan Jackson, yang menunjukkan 100 kali lebih banyak lelehan daripada prediksi model lama.

“Hasil model iklim laut sangat relevan bagi umat manusia untuk memprediksi tren yang terkait dengan perubahan iklim, jadi Anda benar-benar ingin melakukannya dengan benar. Ini adalah langkah yang sangat penting untuk membuat model iklim menjadi lebih baik,” kata Schulz.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3167 seconds (0.1#10.140)