5 Tempat Misterius di Dunia, Gravitasi Seolah Tak Berlaku di Sini

Rabu, 21 Desember 2022 - 18:32 WIB
loading...
5 Tempat Misterius di Dunia, Gravitasi Seolah Tak Berlaku di Sini
Secara umum seluruh tempat di permukaan Bumi memiliki gaya gravitasi. Namun, ada beberapa tempat di Bumi, hukum gravitasi seakan tidak berlaku, sehingga dianggap sebagai lokasi misterius. Foto/Ist
A A A
CALIFORNIA - Secara umum seluruh tempat di permukaan Bumi memiliki gaya gravitasi. Gaya gravitasi adalah gaya yang diakibatkan oleh gaya tarik Bumi terhadap segala benda di permukaan Bumi.

Namun, ada beberapa tempat di Bumi, seolah hukum gravitasi tidak berlaku, sehingga dianggap sebagai lokasi misterius . Berikut 5 tempat yang tidak berlaku hukum gravitasi dirangkum SINDOnews dari laman timesofindia dan jagranjosh, Rabu (21/12/2022).

1. Santa Cruz, California, AS
5 Tempat Misterius di Dunia, Gravitasi Seolah Tak Berlaku di Sini


Tempat ini ditemukan pada tahun 1939 oleh sekelompok surveyor dan dibuka untuk umum oleh George Prather pada tahun 1940. Mereka merasa ada kekuatan berbeda yang bekerja di sini akibat ada beberapa jenis ketidakteraturan dalam medan magnet.



Ketidakteraturan magnetik ini hanya terjadi di area melingkar seluas 150 kaki persegi, yang juga disebut Mystery Spot. Ini adalah tempat terjadi penyimpangan gravitasi yang aneh, seperti aliran air ke atas, defleksi kompas magnetik pada sudut yang berbeda, perubahan ukuran orang dan benda.

2. Bendungan Hoover, Nevada, AS
5 Tempat Misterius di Dunia, Gravitasi Seolah Tak Berlaku di Sini


Cobalah eksperimen ini jika kebetulan mengunjungi Bendungan Hoover di Nevada. Tuangkan air dari botol ke atas bendungan, bukannya turun, air mulai mengalir ke atas.

Penyebab di balik fenomena ini adalah updraft yang sangat kuat yang dibuat oleh struktur bendungan, sehingga air dibawa ke atas oleh angin. Di tempat ini seolah tidak ada gravitasi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2403 seconds (0.1#10.140)