Misteri Objek Terjauh di Alam Semesta

Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:49 WIB
loading...
Misteri Objek Terjauh di Alam Semesta
Objek terjauh di alam semesta miliki berbagai misteri. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Objek terjauh di alam semesta miliki berbagai misteri . Salah satunya yaitu berjarak 13,5 miliar tahun cahaya dari bumi.

Hal itu ditemukan baru-baru ini oleh sekelompok astronom dari Harvard dan juga Smithsonian Center for Astrophysics.

Alam semesta memang selalu memberikan banyak kejutan yang tak terduga, dengan penemuan objek tersebut tentu menjadi pemecah rekor objek astronomi paling jauh yang pernah dilihat.

Baca juga : Ilmuwan Temukan Galaksi Terjauh di Alam Semesta, Ini Penampakannya

Objek tersebut berisi kumpulan bintang yang dijuluki sebagai HD1. Kumpulan bintang tersebut baru saja berkembang dan menjadi gumpalan debu dan gas yang tumbuh menjadi takdir kosmik mereka.

Penemuan HD1 telah dilakukan pengamatan yang cukup lama yakni mencapai 1.200 jam dengan menggunakan teleskop subaru, Vista, Inframerah dari Inggris dan juga teleskop luar angkasa spitzer.

Dalam pengamatan tersebut mereka beranggapan bahwa "Galaksi pertama terbentuk sekitar seratus juta tahun yang lalu setelah Big Bang. Mereka (HD1) adalah sepersejuta massa Bima Sakti yang jauh dan berbentuk lebih padat," kata peneliti studi dan astrofisikawan Harvard Avi Loeb dilansir dari Live Science.

Baca juga : Astronom Mendeteksi Quasar Terjauh Berjarak 13 Miliar Tahun Cahaya

Selain itu dalam pengamatan juga telah diketahui bahwa HD1 tampak memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat cepat yakni sekitar 100 bintang pada setiap tahunnya.

Bintang yang dihasilkan juga memiliki cahaya yang lebih terang dan juga lebih masif serta memiliki suhu yang lebih panas jika dibandingkan dengan semua bintang yang telah ditemukan oleh para peneliti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2217 seconds (0.1#10.140)