Misterius, Tiap Tahun Kawanan Rusa Berkumpul di Museum Nasional Nara

Rabu, 31 Juli 2024 - 18:00 WIB
loading...
Misterius, Tiap Tahun...
Ratusan rusa secara alamiah berkumpul di area Museum Taman Nara tiap tahun di musim panas. Foto/Soranews
A A A
JEPANG - Fenomena ratusan rusa berkumpul di Taman Nara, Jepang, tiap tahun di tempat dan periode waktu yang sama hingga kini masih menjadi misteri . Rusa-rusa tersebut berkumpul begitu saja dan duduk-duduk santai sambil menikmati rumput hingga tiba waktunya untuk pergi.

Peristiwa unik di Jepang ini disebut dengan Fenomena Shikadamari atau kolam rusa. Sejak tahun 2019, SoraNews melaporkan peristiwa ini dan mencoba menyelidiki pola perilaku rusa yang aneh di Taman Nara, namun belum menemukan jawabannya.

Rusa-rusa tersebut secara berkala berkumpul saat musim panas dari pertengahan Juli hingga awal Agustus. Mereka berkumpul dalam jumlah besar untuk duduk di rumput di luar Museum Nasional Nara. Uniknya, jadwal perkumpulan ini sangat presisi, baik dalam hal waktu tahun maupun waktu hari ketika terjadi, sehingga logika mengatakan pasti ada semacam alasan untuk itu. Namun bahkan para ahli di Nara Deer Preservation Foundation yang merawat hewan-hewan tersebut belum dapat menjelaskan mengapa hal itu terjadi.

SoraNews mencatat, puncak pertemuan kawanan rusa sekitar pukul 6:30 sore dan berlangsung hingga pukul 7 malam. Tahun ini diperkirakan ada ratusan rusa yang berkumpul dalam kelompok berbeda. Hewan-hewan tersebut sebagian berdiri dan sisanya duduk-duduk santai di halaman museum hingga area di belakang museum, dekat Stasiun Kintetsu Nara. Rusa-rusa tersebut terlihat santai dan senang berjemur dalam cahaya malam.



Ketika jarum jam menunjukkan angka pukul 7 malam hewan-hewan tersebut secara berkala bangkit dan pergi, tampaknya untuk bertemu dengan kelompok lain, di mana mereka semua berjalan pergi bersama-sama.

Khusus tahun ini tampaknya rusa-rusa tersebut bubar jauh lebih awal dari biasanya, dengan jumlahnya secara bertahap menghilang dari pukul 6:30 sore, sehingga pada pukul 7 malam, hanya sedikit yang tersisa dari pertemuan tersebut.



Pada tahun-tahun sebelumnya, diduga ada korelasi antara perilaku rusa dengan pola cuaca atau jumlah pengunjung, tetapi tahun ini menjadi tahun yang relatif rata-rata dalam hal cuaca dan pengunjung. Tahun ini jumlah rusa yang datang juga lebih sedikit, waktu mereka bersantai juga relatif singkat, hanya berlutut selama beberapa menit, bukan sekitar satu jam seperti biasanya.

Alhasil, motif para rusa ini berkumpul pada musim panas di Museum Nasional Nara hingga pola perilaku mereka tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan. Apakah karena faktor pemandangan, kesejukan rumput di tempat ini dibandingkan area lain di taman atau hal lain, semua masih misteri.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2857 seconds (0.1#10.140)