Anak Iguana Merah Muda Pertama Ditemukan di Pulau Galapagos

Senin, 26 Desember 2022 - 17:48 WIB
Reptil muda memiliki warna kuning-hijau neon dengan garis-garis gelap yang khas. Baru setelah reptil bertambah tua mereka mengembangkan rona kemerahan. Panjang iguana bisa mencapai 18,5 inci.

“Penemuan sarang pertama dan iguana merah muda bersama dengan bukti ancaman kritis terhadap kelangsungan hidup mereka juga memberi kami harapan pertama untuk menyelamatkan spesies misterius ini dari kepunahan.” Paul Salaman, Presiden Galapagos Conservancy, mengatakan dalam sebuah pernyataan.
Anak Iguana Merah Muda Pertama Ditemukan di Pulau Galapagos

Pencarian reptil yang terancam punah adalah bagian dari Iniciativa Galapagos, kemitraan antara Direktorat Taman Nasional Galapagos dan Konservasi Galapagos untuk melestarikan dan memulihkan habitat di pulau-pulau Ekuador. Sejak menemukan tempat bertelur dan bayi iguana merah muda, para peneliti Iniciativa Galapagos kini fokus untuk melindungi dan memantau lokasi bertelur.

Untuk membantu upaya konservasi ini, Galapagos Conservancy mendanai pendirian stasiun lapangan dengan pemandangan 360 derajat Gunung Berapi Wolf untuk melindungi dari aktivitas perburuan dan perdagangan hewan. “Pangkalan terpencil ini akan memfasilitasi pekerjaan konservasi dan pemantauan di gunung berapi, membantu menjamin konservasi dan pemulihan populasi Pink Iguana,” kata Rueda.

Selain iguana merah muda, Galapagos adalah rumah bagi berbagai spesies lain yang hanya ada di wilayah tersebut, seperti kura-kura Galapagos raksasa, penguin Galapagos, dan iguana laut.