Anak Iguana Merah Muda Pertama Ditemukan di Pulau Galapagos

Senin, 26 Desember 2022 - 17:48 WIB
Anak Iguana Merah Muda Pertama Ditemukan di Pulau Galapagos
– Para ilmuwan untuk pertama kali menemukan anak iguana merah muda yang terancam punah di Kepulauan Galapagos. Foto/Galapagos National Park Directorate
PUERTO BAQUERIZO MORENO - Para ilmuwan untuk pertama kali menemukan anak iguana merah muda yang terancam punah di Kepulauan Galapagos. Penemuan pertama ini setelah dilakukan tujuh ekspedisi selama sepuluh bulan terakhir untuk mempelajari populasi terakhir iguana merah muda.

Diperkirakan saat ini hanya tersisa sekitar 200 hingga 300 iguana merah muda dewasa, dan populasinya telah menurun menua selama satu dekade terakhir. Sekarang, para ilmuwan telah menemukan situs sarang iguana merah muda yang pertama kali didokumentasikan dan anak yang baru menetas pertama yang tercatat.

Penemuan tersebut merupakan pertama kalinya bayi iguana merah muda ditemukan sejak spesies tersebut diidentifikasi pada tahun 2009. Sebelumnya, hanya iguana merah muda yang lebih tua yang terlihat di wilayah tersebut.

“Penemuan ini menandai langkah maju yang signifikan, yang memungkinkan kami mengidentifikasi jalan ke depan untuk menyelamatkan iguana merah muda," kata Danny Rueda, Direktur Taman Nasional Galapagos dikutip SINDOnews dari laman smithsonianmag, Senin (26/12/2022).

Populasi global iguana merah muda terbatas di sekitar Wolf Volcano Pulau Isabela, gunung berapi tertinggi di Galapagos. Lusinan kamera tersembunyi yang ditempatkan di seluruh gunung berapi oleh para ilmuwan membantu mendokumentasikan aktivitas iguana merah muda di sarangnya.

Kamera juga membantu mengidentifikasi predator utama yang membunuh iguana muda, seperti kucing liar. Kucing berkumpul di dekat tempat bersarang iguana dan memangsa anaknya, yang merupakan santapan empuk bagi kucing liar.

Para ilmuwan menduga kehadiran predator kucing liar telah mencegah iguana muda hidup lama untuk bereproduksi selama dekade terakhir. Tikus yang diamati di dekat lokasi sarang iguana merah muda juga dapat menjadi ancaman bagi spesies tersebut.

Meskipun penjaga taman nasional pertama kali menemukan reptil itu pada tahun 1986, para ilmuwan membutuhkan waktu puluhan tahun untuk mengidentifikasi iguana merah muda sebagai spesiesnya sendiri. Terlepas dari namanya, iguana baby pink sama sekali tidak berwarna merah muda.