3 Reaktor Nuklir di Indonesia yang Bisa Digunakan untuk Riset dan Bom Atom

Rabu, 28 Desember 2022 - 14:18 WIB
loading...
3 Reaktor Nuklir di Indonesia yang Bisa Digunakan untuk Riset dan Bom Atom
Terdapat tiga reaktor nuklir di Indonesia yang masih aktif hingga saat ini. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tiga reaktor nuklir di Indonesia yang masih aktif hingga saat ini. Reaktor tersebut digunakan untuk riset yang berguna bagi berbagai bidang kehidupan maupun menunjang kekuatan pertahanan negara .

Menurut setkab.go.id, pemanfaatan tenaga nuklir terkait dengan penyediaan radioisotop dan radiofarmaka ini bermanfaat untuk bidang pangan, bidang kesehatan dan juga bidang industri.

Kemudian baru-baru ini rencana untuk menciptakan tenaga listrik dari nuklir kembali muncul yang tercantum dalam PP No. 52 tahun 2022.

Baca juga : Mahalnya Pembangunan Reaktor Nuklir, Ini Perkiraan Biayanya

Pada tahun 1964 silam, Presiden Soekarno sempat mengirim ahli nuklir dan petinggi militer Indonesia ke Tiongkok karena saat itu China meraih keberhasilan dalam uji coba bom atomnya.

Rencana pengembangan bom atom di Indonesia meredup seiring jatuhnya Soekarno pada 1965. Namun bukan hal mustahil bila rencana itu akan berlangsung kembali.

Beriut tiga reaktor nuklir yang masih beroperasi yaitu :

1. Reaktor TRIGA 2000

Dilansir dari batan.go.id, reaktor yang berada di Bandung, Jawa Barat ini sempat berhenti beroperasi pada 2011 hingga 2013 karena alasan keselamatan. Namun pada akhirnya Reaktor TRIGA 2000 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam jangka waktu 10 tahun kedepan.

Meskipun usia reaktor TRIGA 2000 kini telah mencapai 53 tahun, namun tetap beroperasi dengan normal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)