Peluncuran Pertama SpaceX Tahun 2023, Roket Falcon 9 Kirim 114 Satelit ke Orbit

Selasa, 03 Januari 2023 - 14:51 WIB
loading...
Peluncuran Pertama SpaceX Tahun 2023, Roket Falcon 9 Kirim 114 Satelit ke Orbit
SpaceX siap melakukan peluncuran pertama pada tahun 2023 dengan mengirimkan 114 satelit ke orbit menggunakan roket Falcon 9. Foto/Spacex/EOSDA
A A A
FLORIDA - SpaceX siap melakukan peluncuran pertama pada tahun 2023 dengan mengirimkan 114 satelit ke orbit menggunakan roket Falcon 9. Peluncuran misi Transporter-6 dilakukan dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida, Selasa (3/1/2022).

Misi Transporter-6 akan mengirimkan EOS SAT-1 untuk EOSDA, satelit pertama dari tujuh satelit konstelasi baru yang fokus pada pertanian. Satelit EOS SAT-1 akan menjadi yang terakhir dilepaskan ke orbit dari 114 satelit yang dibawa misi Transporter-6.

“Peluncuran ini membawa teknologi satelit baru untuk industri pertanian. EOSDA sekarang akan bekerja dengan kumpulan data eksklusif untuk memberikan wawasan yang lebih dalam dan lebih akurat bagi pelanggan dan mitranya,” kata CEO EOSDA Artiom Anisimov dikutip dari laman Space, Selasa (3/1/2022).



Satelit EOS SAT-1 dirancang untuk mengamati wilayah seluas 1 juta kilometer persegi setiap hari menggunakan 11 pita cahaya. Memeriksa kesehatan tanaman dengan cara ini diharapkan memungkinkan petani menyesuaikan perawatan tanaman dengan lebih baik, untuk mengurangi emisi karbon dioksida, konsumsi energi dan penggunaan air.

Armada EOS SAT lengkap, ketika siap sekitar tahun 2025, bertujuan untuk memantau wilayah seluas 12 juta km persegi setiap hari, yang kira-kira sepertiga lebih luas dari wilayah Amerika Serikat. Tujuh satelit, yang dibangun oleh Dragonfly Aerospace, akan menjangkau 100 persen negara dengan area lahan pertanian dan hutan terbesar.

Ada satelit lain yang juga dibawa ke luar angkasa dengan Transporter-6, seperti Spire Global yang direncanakan diluncurkan sebanyak enam satelit. Satelit ini untuk memperluas pemantauan konstelasi maritim dan lalu lintas penerbangan.

Spaceflight Inc. berencana untuk mengangkut empat pesawat ruang angkasa Kleos ke orbit sinkron matahari yang menjaga kondisi pencahayaan yang konsisten di bawah armada. Kleos memeriksa transmisi frekuensi radio dari luar angkasa untuk mencari "aktivitas tersembunyi dan ilegal".


Peluncuran Pertama SpaceX Tahun 2023, Roket Falcon 9 Kirim 114 Satelit ke Orbit


Serangkaian misi Transporter adalah "rideshares khusus", yang berarti bahwa mereka menampilkan lusinan satelit kecil yang terbang ke luar angkasa dengan satu roket Falcon 9. SpaceX belum mengonfirmasi manifes lengkap Transporter-6 di situs webnya.

Misi pertama dari seri ini, Transporter-1, meluncurkan rekor 143 satelit pada 24 Januari 2021. Roket Falcon 9 untuk Transporter-6 memiliki tahap pertama yang melakukan penerbangan ke-15.

Booster itu sebelumnya meluncurkan misi berbagi tumpangan Transporter-2 SpaceX, tiga penerbangan satelit komersial, dan 10 misi satelit Starlink. Jika semuanya berjalan lancar, booster kembali ke landasan pendaratan di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3033 seconds (0.1#10.140)