Matahari Memesona saat Terbenam di Bumi, Bagaimana Dilihat dari Planet Lain?

Minggu, 12 Juli 2020 - 23:16 WIB
loading...
Matahari Memesona saat Terbenam di Bumi, Bagaimana Dilihat dari Planet Lain?
Matahari tenggelam di bawah cakrawala dalam pemandangan panorama menakjubkan yang ditangkap oleh penjelajah Spirit Mars NASA pada 2005. Foto/NASA
A A A
CALIFORNIA - Langit tampak memerah indah layaknya mawar merekah saat Matahari terbenam di ufuk Timur di Bumi . Tapi tahukah Anda warna apa yang muncul ketika Matahari terbenam di planet lain di tata surya? (Baca juga: Mau Terbang ke Ruang Angkasa? Siapkan Kocek Anda hingga Rp497 Miliar )

Jawabannya tergantung pada planetnya. Di Mars, Matahari datang dan pergi dengan cahaya biru. Di Uranus, langit bertransisi dari biru ke pirus aat Matahari terbenam, menurut NASA. Dan di Titan, salah satu bulan Saturnus, langit berubah dari kuning menjadi oranye dan cokelat saat Matahari terbenam di bawah cakrawala.

Dilansir dari Space.com, warna Matahari terbenam tidak seragam karena sebagian besar rona ini adalah produk dari atmosfer setiap planet. Selain itu, warnanya juga dipengaruhi bagaimana partikel di dalamnya menyebarkan sinar Matahari, menurut Kurt Ehler, seorang profesor matematika di Truckee Community College di Reno, Nevada.

Dia adalah penulis makalah jurnal Applied Optics yang menyelidiki mengapa Matahari terbenam Mars tampak biru. "Ini rumit," kata Ehler pada Live Science.

"Setiap orang memiliki dugaan sebelumnya bahwa mekanisme (untuk matahari terbenam) adalah replikasi dari apa yang kita lihat di Bumi. Tapi bukan itu masalahnya," paparnya.

Di Bumi, atmosfer terdiri dari molekul gas kecil, sebagian besar nitrogen dan oksigen, yang lebih efektif dalam hamburan -menyerap dan memancarkan kembali ke arah yangberbeda-cahaya dengan panjang gelombang pendek, seperti biru dan ungu, lebih lama dari itu, panjang gelombang merah.

Jenis hamburan selektif yang disebabkan oleh molekul kecil disebut hamburan Rayleigh. Ini memberi kita langit biru di tengah hari, tapi saat Matahari terbenam dan terbit, ketika sinar matahari harus bergerak lebih jauh, lebih banyak cahaya biru tersebar; panjang gelombang merah dan kuning yang lebih panjang mencapai garis pandang kita, menciptakan nuansa merah cerah yang kita lihat selama ini.

Perhatikan, ketika panjang gelombang cahaya tertentu tersebar, mereka dipancarkan kembali ke arah yang berbeda. Ketika panjang gelombang cahaya tertentu tersebar, mereka dipancarkan kembali ke arah yang berbeda.

"Setiap planet yang atmosfirnya didominasi oleh gas akan mengikuti pola yang sama, yaitu warna gelombang yang lebih panjang menjadi lebih dominan saat matahari terbenam," kata Ehler.

Di Uranus, misalnya, partikel gas hidrogen, helium, dan metana di atmosfernya menyebarkan panjang gelombang biru dan hijau yang lebih pendek sambil menyerap -tetapi sebagian besar tidak memancarkan kembali- panjang gelombang merah yang lebih panjang, menurut NASA. Ini menciptakan langit biru cerah yang mengubah pirus saat Matahari terbenam ketika cahaya biru tersebar relatif terhadap panjang gelombang yang lebih panjang, kehijauan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)