7 Hewan dengan Penciuman Paling Tajam, Jenis Predator Mendominasi

Jum'at, 13 Januari 2023 - 17:14 WIB
loading...
7 Hewan dengan Penciuman Paling Tajam, Jenis Predator Mendominasi
Terdapat sedikitnya tujuh hewan dengan penciuman paling tajam di dunia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya tujuh hewan dengan penciuman paling tajam di dunia . Dari sekian nama, beberapa di antaranya adalah hewan predator ganas yang berbahaya.

Dalam bagian tubuh yang dimiliki hewan, indra penciumannya menjadi salah satu yang cukup penting. Terutama untuk mencari mangsa serta mendeteksi predator yang mungkin mengintai.

Berbeda dengan manusia, penciuman sejumlah hewan jauh lebih baik berlipat. Bahkan beberapa di antaranya bisa mendeteksi bau dari jarak yang cukup jauh.

Baca juga : 5 Hewan Berdarah Panas, Nomor 3 Terkenal Ganas

Dilansir dari laman AnimalsAroundTheGlobe, berikut deretan hewan dengan penciuman paling tajam.

1. Gajah

Gajah menjadi salah satu hewan yang memiliki indra penciuman terbaik. Menurut sebuah penelitian, mereka bahkan disebut mempunyai penciuman paling tajam di antara binatang lainnya.

Adapun alasannya sendiri karena mereka memiliki hampir 2.000 gen berbeda yang memungkinkannya mudah mengidentifikasi berbagai jenis bau di lingkungannya. Dengan kemampuannya ini, gajah bisa menemukan air di bawah tanah hingga jarak 12 mil.

2. Beruang

Berikutnya ada Beruang. Dikenal sebagai hewan buas, mereka juga memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Hidung besarnya memiliki ribuan reseptor penciuman yang disebut lebih kuat 100x lipat dibandingkan manusia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2230 seconds (10.101#12.26)