7 Hewan dengan Penciuman Paling Tajam, Jenis Predator Mendominasi

Jum'at, 13 Januari 2023 - 17:14 WIB
loading...
7 Hewan dengan Penciuman Paling Tajam, Jenis Predator Mendominasi
Terdapat sedikitnya tujuh hewan dengan penciuman paling tajam di dunia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya tujuh hewan dengan penciuman paling tajam di dunia . Dari sekian nama, beberapa di antaranya adalah hewan predator ganas yang berbahaya.

Dalam bagian tubuh yang dimiliki hewan, indra penciumannya menjadi salah satu yang cukup penting. Terutama untuk mencari mangsa serta mendeteksi predator yang mungkin mengintai.

Berbeda dengan manusia, penciuman sejumlah hewan jauh lebih baik berlipat. Bahkan beberapa di antaranya bisa mendeteksi bau dari jarak yang cukup jauh.

Baca juga : 5 Hewan Berdarah Panas, Nomor 3 Terkenal Ganas

Dilansir dari laman AnimalsAroundTheGlobe, berikut deretan hewan dengan penciuman paling tajam.

1. Gajah

Gajah menjadi salah satu hewan yang memiliki indra penciuman terbaik. Menurut sebuah penelitian, mereka bahkan disebut mempunyai penciuman paling tajam di antara binatang lainnya.

Adapun alasannya sendiri karena mereka memiliki hampir 2.000 gen berbeda yang memungkinkannya mudah mengidentifikasi berbagai jenis bau di lingkungannya. Dengan kemampuannya ini, gajah bisa menemukan air di bawah tanah hingga jarak 12 mil.

2. Beruang

Berikutnya ada Beruang. Dikenal sebagai hewan buas, mereka juga memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Hidung besarnya memiliki ribuan reseptor penciuman yang disebut lebih kuat 100x lipat dibandingkan manusia.

Salah satu manfaat yang mereka peroleh dari kemampuan ini adalah bisa menemukan mangsa dari jarak jauh. Bahkan, untuk jenis beruang kutub dan grizzlies bisa mencium bangkai hewan dari jarak 20 mil.

3. Hiu

Hiu menjadi salah satu predator laut paling berbahaya. Saat mencari mangsanya, mereka memanfaatkan indera penciuman tajamnya. Dalam hal ini, mereka bisa mengetahui mangsanya dari jarak berkilo-kilo.

Dalam prosesnya, hiu mendeteksi bau melalui arus laut. Hal ini dikarenakan molekul bau tersebut dibawa oleh pergerakan lautan. Semakin cepat dan banyak gerakan arus, maka semakin cepat pula bau tersebut sampai kepada mereka.

Untuk posisinya sendiri, hiu memiliki hidung di sisi mulut dan dasar moncongnya. Saking luasnya indra penciuman yang dimiliki, mereka bahkan bisa mendeteksi setetes darah di sekitaran 100 liter air.

4. Ular

Hewan dengan penciuman tajam berikutnya adalah Ular. Dikenal sebagai binatang berbahaya, mereka mengandalkan penciumannya yang sangat baik untuk mengimbangi penglihatannya yang terbilang buruk.

Ular memiliki hidung yang bisa mendeteksi aroma. Kepekaan mereka terhadap bau dilengkapi juga dengan sebuah organ di bagian atas mulutnya yang bernama vomeronasal.

Saat melacak bau mangsanya, otak ular akan langsung memprosesnya dengan cepat. Naluri inilah yang membuatnya dijuluki predator yang cukup ditakuti.

Baca juga : Hewan yang Ada di Sungai Amazon Paling Ganas dan Mematikan

5. Anjing

Anjing menjadi hewan peliharaan yang dikenal memiliki penciuman tajam. Tak jarang, untuk spesies tertentu bahkan digunakan pihak kepolisian atau militer untuk pendeteksi maupun pelacak.

Apabila dibandingkan dengan manusia, penciuman anjing dikatakan lebih baik berlipat-lipat. Selain itu, hewan ini juga bisa memeriksa jejak aroma di area lebih dari 100 mil.

6. Burung Kiwi

Kiwi merupakan jenis burung langka yang memiliki indra penciuman sangat baik. Meski mempunyai penglihatan yang buruk, berkat paruh panjangnya mereka punya penciuman tajam.

Peneliti mengungkap bahwa di dalam paruhnya terdapat lubang sensorik yang memungkinkan Kiwi untuk mendeteksi mangsanya di tanah. Tak hanya itu, sebagian besar dari kapasitas otaknya juga digunakan secara eksplisit untuk indra penciumannya.

7. Ngengat Sutra

Berikutnya ada Ngengat Sutra. Jenis serangga ini memiliki mekanisme penciuman yang sangat baik. Sebagai contoh, ngengat jantan disebut bisa mendeteksi bau dalam jangkauan 8 mil jauhnya.

Pada teknisnya, kemampuan ini didapatkan berkat reseptor bau khusus yang mereka miliki dalam tubuhnya. Hal inilah yang membuat ngengat sutra tampak cukup peka terhadap bau.

Demikian ulasan mengenai sejumlah hewan dengan penciuman paling tajam di dunia.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)