Keluarkan Granat Aktif dari Dada Tentara Ukraina, Tim Dokter Gunakan Teknik Tak Lazim

Rabu, 18 Januari 2023 - 06:55 WIB
loading...
A A A
Dalam kasus ini, dokter khawatir arus listrik akan mematikan granat. Untuk itu, tim dokter menggunakan teknik berbeda dalam kondisi darurat ini. “Bagian granat yang tidak meledak diambil dari bawah jantung. Granat tidak meledak, tetapi tetap dapat meledak,” tulis Anton Gerashchenko, penasihat menteri urusan dalam negeri Ukraina.

Dia mengatakan bahwa prajurit Ukraian yang jadi pasien tersebut berusia sekitar 28 tahun dan sedang menjalani rehabilitasi dan pemulihan lebih lanjut. “Belum pernah ada operasi seperti itu dalam praktik dokter kami,” tulisnya.

Operasi itu mungkin yang pertama dalam perang saat ini antara Ukraina dan Rusia, tetapi operasi seperti itu pernah terjadi sebelumnya. Sebuah studi tahun 1999 di jurnal Military Medicine melihat data militer AS dan menemukan 36 kasus persenjataan yang tidak meledak dikeluarkan dari pasien antara Perang Dunia II dan publikasi penelitian.



Ada empat pasien meninggal karena luka mereka sebelum operasi dapat dilakukan, namun 32 operasi lainnya berhasil. Pada tahun 2006, tim dokter militer AS di Afghanistan mengeluarkan granat yang tidak meledak dari perut Prajurit AS Channing Moss.
Keluarkan Granat Aktif dari Dada Tentara Ukraina, Tim Dokter Gunakan Teknik Tak Lazim


Pada tahun 2014, dokter mengeluarkan amunisi yang berpotensi meledak dari kepala seorang wanita hamil berusia 23 tahun di Afghanistan. Meskipun benda itu ternyata adalah peluru logam non-ledakan, dokter mengambil tindakan pencegahan yang serupa dengan yang diambil oleh dokter Ukraina dalam kasus baru-baru ini.

Para dokter tidak menggunakan perangkat elektrokauter, yang mereka dokumentasikan dalam laporan kasus tahun 2016. Sistem Trauma Gabungan Departemen Pertahanan AS bahkan memiliki panduan resmi tentang cara menangani kasus semacam itu.

Namun demikian, operasi Ukraina yang sukses menandai kasus di mana semuanya berjalan dengan baik dalam situasi yang berpotensi mematikan dan menegangkan. "Saya pikir kasus ini akan masuk dalam buku teks medis," tulis Gerashchenko.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4588 seconds (0.1#10.140)