Isi Baterai Ponsel Pakai WiFi

Selasa, 09 Juni 2015 - 15:49 WIB
Isi Baterai Ponsel Pakai WiFi
Isi Baterai Ponsel Pakai WiFi
A A A
WASHINGTON - Sebuah penemuan berhasil dilakukan oleh peneliti dari University of Washington. Sebuah teknologi terbaru memungkinkan router WiFi mengisi daya baterai sejumlah perangkat, termasuk ponsel Apple iPhone dan bertenaga Android.

Dikutip dari Phonearena, Selasa (9/6/2015), router ini tetap bisa digunakan meskipun dengan jarak 28 ft, selama masih dapat digunakan untuk mengakses internet. Dalam menjalankan fungsinya untuk mengisi daya ponsel, hanya membutuhkan router dan beberapa sensor.

Sensor mengonversi daya RF yang dikirim dari router ke daya DC untuk mengisi baterai. Sebuah perubahan kecil untuk perangkat lunak router dilakukan dengan update firmware, memungkinkan untuk mengirimkan kekuatan yang diperlukan tanpa mengganggu kemampuannya untuk tetap terhubung ke internet.

Para peneliti UW telah menyiapkan enam unit Asus RT-AC68U untuk menguji teknologi ini. Router yang digunakan adalah model yang lebih tua, tapi update firmware tersebut memungkinkan mengisi baterai smartphone saat masih bekerja sebagai router.

Itu berarti bahwa setiap router yang sedang digunakan adalah update firmware sederhana untuk daya handset iPhone atau Android. Tak satu pun dari ponsel yang sedang diisi dayanya saat menguji router, mengalami masalah dengan layanan internet mereka. Bahkan, salah satu penguji mengklaim bahwa kecepatan internetnya justru meningkat sejak tes dimulai.

Tapi masih banyak pengujian yang diperlukan, sebelum tersedia untuk umum. Pihak universitas telah menemukan mitra di sebuah perusahaan start-up yang bersedia dan mampu mengubah semua kerja keras Universitas menjadi produk konsumen.

Ada produk yang hampir serupa diproduksi sebuah perusahaan bernama Energous, menjual perangkat yang mengirimkan daya RF melalui udara. Tapi tidak seperti teknologi yang dikerjakan University of Washington, perangkat Energous tidak dapat mengirimkan daya dan data pada waktu yang sama.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7525 seconds (0.1#10.140)