Sabtu, 11 Agustus 2018 - 17:27 WIB
Pesawat NASA Bersiap Menembus 1.371 Derajat Celcius Panas Matahari
FLORIDA - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bersiap meluncurkan misi terbesarnya ke Matahari.Pesawat luar angkasa berlabel Parker Solar Probe itu akan lepas landas besok, Sabtu (11/8/2018) pukul 03.33 pagi waktu Florida, Amerika Serikat atau pukul 15.30 WIB.
Dilansir dari laman resmi NASA, Parker Solar Probe akan dibawa dalam Roket United Launch Alliance Delta IV Heavy. Perangkat akan diluncurkan dari Kennedy Space Center (KSC) NASA di Florida.
Pesawat NASA Bersiap Menembus 1.371 Derajat Celcius Panas Matahari
Probe Solar Parker dijadualkan melakukan perjalanan melalui atmosfer Matahari dengan suhu mencapai 1.371 derajat Celcius dan lebih dekat ke permukaan dibandingkan dengan pesawat luar angkasa sebelumnya.

Misi ini bertujuan untuk merevolusi pemahaman mengenai Matahari, di mana kondisi yang berubah dapat menyebar ke tata surya, mempengaruhi Bumi dan dunia lain. Probe Solar Parker menggunakan gravitasi Planet Venus untuk mempercepat mendekati orbit Matahari.

Pesawat luar angkasa tanpa awak tersebut dijadualkan mengelilingi Matahari selama tujuh tahun sebelum mendekati permukaannya.
(mim)