Gelaran Olimpiade Robotika SINDO Dinilai Dukung Industri 4.0

Minggu, 23 September 2018 - 17:01 WIB
Gelaran Olimpiade Robotika SINDO Dinilai Dukung Industri 4.0
Gelaran Olimpiade Robotika SINDO Dinilai Dukung Industri 4.0
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah merancang roadmap atau peta jalan yang terintergrasi untuk mengimplementasikan sejumlah strategi untuk memasuki era Industri 4.0.

Guna mencapai era tersebut perlu kolaborasi yang melibatkan seluruh elemen masyarakat. Seperti yang dilakukan Koran SINDO dan SINDONEWS.com yang hari ini mengadakan Olimpiade Robotika SINDO (ORS) 2018 di Kuningan City. Dengan gelaran ORS, maka bisa dijadikan sebagai sarana bagi anak-anak untuk melek mengenai apa itu Industri 4.0.

Andhika Prastawa, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informatika, Energi dan Material mengatakan, Indonesia saat ini akan memasuki Industri 4.0. Dengan begitu, industri akan melakukan kegiatan di mana fisik dan siber akan saling menyatu.

"Industri-industri itu nanti akan saling berkomunikasi satu sama lain. Negara ini bisa lebih maju dengan adanya bibit-bibit yang sudah disiapkan mulai sekaraNg," kata Andhika Prastawa seusai membuka Olimpiade Robotika SINDO (ORS) 2018 di Kuningan City, Jakarta, Minggu (23/9/2018).

Pada kesempatan yang sama, Wahidin Wahab, Ketua Robot Nasional dalam sesi talkShow mengutarakan, dalam teknologi robot, mereka (para siswa) akan belajar mengenai sensor, listrik, mesin, dan komputasi. Agar tetap aman bagi anak-anak, biasanya mereka akan belajar dalam bentuk Robo Kids.

"Jadi bisa terhindar dari bahaya senjata tajam dan kesetrum. Pengetahuan soal robot bisa dimulai secara sederhana, misalnya dengan memberikan belajar sambil bermain," kata Wahidin.

Lebih lanjut dikatakan, robot juga bisa meningkatkan curiousity atau keingintahuan dan meningkatkan ketekunan pada anak.

Sementara Jully Tjindrawan selaku CEO Robotic berpesan, supaya anak-anak rajin membaca buku agar menambah pengetahuan mereka tentang dunia luar, khususnya teknologi. "Mulai umur segini (SD) bisa satu hari satu buku," sarannya.Gelaran Olimpiade Robotika SINDO (ORS) 2018 di Kuningan City terselenggara berkat kerja sama Koran SINDO-SINDONEWS.com dengan Robotic Explorer dan Generali. Acara tersebut diikuti oleh ratusan peserta dari tingkat sekolah dasar di Jabodetabek.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9176 seconds (0.1#10.140)