Boeing Terbitkan Panduan Hadapi Kerusakan Indikator 737 MAX 8

Minggu, 11 November 2018 - 19:11 WIB
Boeing Terbitkan Panduan Hadapi Kerusakan Indikator 737 MAX 8
Boeing Terbitkan Panduan Hadapi Kerusakan Indikator 737 MAX 8
A A A
NEW YORK - Jatuhnya Pesawat Lion Air Boeing 737 MAX dengan nomor penerbangan JT 610 rute Jakarta - Pangkalpinang selain jadi fokus Indonesia, Boeing selaku pembuat pesawat tersebut ikut bereaksi agar kecelakaan Boeing 737-8 MAX tidak terulang lagi. Dugaan indikator pesawat tersebut rusak membuat, Boeing berencana mengirimkan buletin kepada maskapai penerbangan yang mengoperasikan pesawat jet penumpang 737 MAX 8..

Seperti dilansir The New York Time, Buletin tersebut akan berisi informasi mengenai prosedur untuk menangani kesalahan pembacaan di kokpit yang bisa menyebabkan pesawat terjun bebas, Reuters melaporkan, mengutip pernyataan sumber yang mendapat taklimat mengenai hal itu.

Saran keselamatan tersebut berdasarkan informasi awal yang dihimpun dari penyelidikan pesawat Lion Air JT610 yang jatuh pekan lalu dan menewaskan seluruh 189 penumpang dan awak, kata sumber tersebut.

Para ahli mengatakan saran itu bisa jadi berisi tentang “angle of attack” atau sudut serang. Sudut sayap relatif terhadap aliran udara yang melewati sayap. "Angle of attack'" adalah ukuran untuk mengindikasikan apakah sebuah pesawat kemungkinan kehilangan daya angkat atau mengalami stall.

Para penyelidik Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengatakan, Senin (5/11), bahwa indikator kecepatan udara pada pesawat Lion Air yang nahas itu rusak dalam empat penerbangan terakhir. Namun, otoritas AS berhati-hati menanggapi usulan pemeriksaan untuk seluruh armada.

Bloomberg News melaporkan rencana pengiriman Boeing mengirim buletin itu pada Selasa (6/11) dan mengatakan akan memperingatkan para pilot untuk mengikuti prosedur yang sudah berlaku untuk mengatasi masalah tersebut.

Boeing mengungkapkan sebagai produsen pesawat boeing menyampaikan keperihatinannya soal kecelakaan Lion Air JT 610. Boeing sangat sedih dengan hilangnya Penerbangan Lion Air JT 610 yang memakan korban Jiwa. Boeing menyampaikan simpati sepenuh hati kepada keluarga dan orang-orang yang dicintai dari mereka di pesawat naas tersebut.

" Boeing siap memberikan bantuan teknis dan tunduk di bawah arahan pejabat pemerintah Indonesia yang menyelidiki kecelakaan itu. Sesuai dengan protokol internasional, semua pertanyaan tentang penyelidikan kecelakaan ini harus diarahkan kepada otoritas investigasi yang bertanggung jawab, Komite Keselamatan Transportasi Nasional Indonesia (KNKT)," tulis Boeing dalam website resminya'
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8941 seconds (0.1#10.140)