Ahli Ungkap Rahasia Model Rambut Wanita di Zaman Firaun

Rabu, 10 Juli 2019 - 10:01 WIB
Ahli Ungkap Rahasia Model Rambut Wanita di Zaman Firaun
Ahli Ungkap Rahasia Model Rambut Wanita di Zaman Firaun
A A A
KAIRO - Ahli mengungkap rahasia mode rambut di Mesir kuno, terungkap di rambut Mumi menggunakan lilin untuk mempertahankan bentuk ikal pada Mumi wanita bangsawan yang berkilau dalam kondisi sempurna selama 3.000 tahun yang mengejutkan.

Rambut dari mumi dianalisis oleh para ilmuwan dari institut Kurchatov di Moskow Rusia.

Mereka menemukan resep rahasia yang digunakan untuk melestarikan kunci prasejarah untuk akhirat termasuk lemak sapi, minyak jarak, lilin lebah dan getah pinus, dengan setetes minyak pistachio aromatik sebagai tambahan opsional.

Para ilmuwan tercengang melihat bagaimana rambut mempertahankan selama beribu-ribu tahunya lamanya agar terlihat seperti gaya pada zaman para Firaun.

“Sungguh menakjubkan melihat rambut panjang mereka ditata dengan sangat teliti, tanpa kunci yang tidak pada tempatnya” tutur Dr Viktor Pozhidayev seperti dilansir dari Daily Star

Mereka percaya - ternyata benar - bahwa balsem yang berbeda digunakan untuk mempertahankan mode rambut pada saat itu daripada ramuan yang digunakan pada bagian tubuh lainnya.

Demikian hasil studi tentang mumi. Para ilmuwan menemukan zat lemak pada rambut mumi. Zat lemak itu digunakan sebagai gel rambut.

‘’Beberapa mumi didapati dengan rambut mereka ditata ikal,’’ tulis hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Ilmu Arkeologi. ‘’Mereka memakai lemak yang digunakan khusus untuk membuat rambut mereka tetap ikal.’’

Jasad mumi yang diawetkan di pasir juga memiliki lemak pada rambut mereka. Hal tersebut menunjukkan bahwa gel rambut digunakan dalam kehidupan sehari-hari orang Mesir Kuno.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9500 seconds (0.1#10.140)