Ilmuwan Berhasil Menanam Tumbuhan dengan Kondisi Seperti di Mars

Selasa, 05 November 2019 - 06:01 WIB
Ilmuwan Berhasil Menanam Tumbuhan dengan Kondisi Seperti di Mars
Ilmuwan Berhasil Menanam Tumbuhan dengan Kondisi Seperti di Mars
A A A
JAKARTA - Para i lmuwan dunia yang berkecimpung di dunia astronomi masih terus mengupayakan agar manusia dapat hidup di Mars. Mereka meniliti agar kebutuhan pokok manusia yakni makan dan minum bisa terpenuhi di sana.

Berlandaskan hal tersebut, sekelompok ilmuwan asal Republik Ceko baru-baru ini melakukan sebuah eksperimen untuk mencari cara bercocok tanam di Mars. Air sungguh menjadi sesuatu yang langka di Mars, sehingga menyulitkan manusia untuk menanam bahan makanan.

Eksperimen yang dinamakan Marsonaut ini dilakukan para ilmuwan di sebuah labolatorium dengan kondisi lingkungan seekstrem di Mars. Cara menanamnya berdasarkan konsep aeroponik, yakni menanam di udara tanpa menggunakan tanah, sehingga membatasi penggunaan air.

Penelitian yang dilakukan oleh Jan Lukacevic bersama timnya dari Prague University of Sciences ini membuat solusi baru menanam tumbuhan di lahan yang terbatas. Dengan aeroponik, tanaman bisa diatur tumbuh secara vertikal maupun horizontal.

“Para peneliti berkesperimen dengan perubahan suhu dan cahaya,” kata Lukacevic, dikutip dari Reuters, Senin (4/11/2019).

Sejauh ini tim peneliti berhasil menanam moster, daun selada, lobak, dan rempah-rempah, seperti kemangi dan daun mint. Hasil panennya pun sudah mereka coba langsung.

“Rasanya sangat enak, karena mereka tumbuh di lingkungan terkendali dan kami membekalinya dengan nutrisi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan,” jelas Lukacevic.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9835 seconds (0.1#10.140)