Panel Surya Eropa Lebih Hijau dari China

Sabtu, 31 Mei 2014 - 12:41 WIB
Panel Surya Eropa Lebih Hijau dari China
Panel Surya Eropa Lebih Hijau dari China
A A A
BUCHAREST - Sebuah makalah yang baru direncanakan akan diterbitkan dalam edisi Juli Jurnal Solar Energy, spesialis Northwestern University dan Departemen Energi di Amerika Serikat (AS) berpendapat bahwa panel surya Eropa yang lebih hijau, dibandingkan buatan China.

Dilansir Softpedia, Sabtu (31/5/2014), pernyataan itu merujuk pada, para peneliti melihat daya yang dihasilkan oleh panel surya di seluruh negara-negara anggota Uni Eropa lebih bersih daripada yang dihasilkan oleh panel surya beroperasi di China.

Apa yang menarik perhatian mereka adalah fakta bahwa bisnis manufaktur panel surya yang lebih berkelanjutan dan lebih ramah lingkungan terdapat di Eropa dari pada di China.

Lebih tepatnya, tampak bahwa proses manufaktur di China menggunakan lebih banyak energi dan memiliki jejak karbon lebih tinggi dibanding di Eropa. Oleh karena itu, panel surya yang dihasilkan bisa dikatakan tidak ramah lingkungan seperti ang diharapkan orang banyak.

"Kami memperkirakan bahwa jejak karbon panel surya adalah dua kali lebih tinggi jika dibuat di China dan digunakan di Eropa. Dibandingkan dengan yang dibuat secara lokal dan digunakan di Eropa," kata Penulis Studi dan Kimia serta Spesialis Rekayasa Biologis, Fengqi You.

Selain itu, mereka membakar lebih banyak energi ketika sedang diproduksi. Panel surya buatan China perlu bekerja sekitar 20-30% lebih lama dan lebih keras untuk menghasilkan daya bersih yang cukup untuk menebus energi yang masuk.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9209 seconds (0.1#10.140)