7 Hewan dengan Telinga Panjang, Nomor Terakhir Bisa Dikibaskan Seperti Kipas

Senin, 27 Februari 2023 - 19:27 WIB
Setiap hewan memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya unik, salah satunya memiliki telinga yang panjang. Beberapa hewan ini mempunyai bentuk telinga yang panjang biasanya untuk meningkatkan pendengarannya. Foto/wildlifeinformer
JAKARTA - Setiap hewan memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya unik, salah satunya memiliki telinga yang panjang. Beberapa hewan ini mempunyai bentuk telinga yang panjang biasanya untuk meningkatkan pendengarannya.

Kegunaan lain dari bentuk telinga panjang yang jarang diketahui adalah untuk membantu tubuh tetap dingin. Sebab, telinga yang panjang mengandung banyak pembuluh darah, tetapi kulitnya cukup tipis.

Ada berbagai fungsi penting lain dari bentuk telinga panjang yang dimiliki beberapa hewan. Berikut 7 hewan bertelinga panjang dengan fungsi unik dirangkum SINDOnews dari laman wildlifeinformer, Senin (27/2/2023).

1. Rubah Fennec



Rubah fennec (Vulpes zerda) sangat populer karena ukurannya yang kecil dan telinganya yang sangat panjang. Berasal dari Gurun Sahara di Afrika Utara, rubah fennec menggunakan telinga panjangnya 4-6 inci (0,1 sampai 0,15 meter) untuk membantu mereka menemukan mangsa.





Makanan utama rubah fennec adalah serangga, tetapi sebagai omnivora akan memakan apa saja yang dapat mereka tangkap. Termasuk kadal, burung, telur, hewan pengerat kecil, dan bahkan kelinci, yang seringkali lebih besar dari mereka.

Selain daging, rubah fennec juga mengonsumsi umbi-umbian dan tumbuhan yang membantu mengatasi dehidrasi saat tidak menemukan air. Salah satu hewan terkecil dalam keluarga canid, rubah fennec berukuran panjang hanya 14-16 inci (0,35 sampai 0,4 meter) dan berat hanya 2-3 pound (0,9 sampai 1,36 kg).

2. Rusa Bagal

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More