4 Manuskrip Alkitab Tertua, Nomor 3 Ditemukan dari Pedagang Barang Antik

Rabu, 01 Maret 2023 - 20:16 WIB


Gulungan Laut Mati adalah kumpulan lebih dari 900 manuskrip yang ditemukan di gua-gua di sekitar Qumran dekat Laut Mati. Banyak penggalian menemukan berbagai gulungan dan fragmen di 11 gua, termasuk salinan dari setiap kitab Perjanjian Lama kecuali Nehemia dan Ester.

3.Papirus Nash



Papirus Nash adalah kumpulan empat potongan lembaran papirus kuno yang diperoleh di Mesir dari pedagang barang antik pada tahun 1898 oleh Walter Llewellyn Nash, sekretaris "Society of Biblical Archaeology". Naskah ini pertama kalinya diteliti oleh Stanley A Cook pada tahun 1903.



Cook mengira naskah ini ditulis pada abad ke-2 M, tetapi penelitian selanjutnya mendapati waktu penulisan lebih awal, sekitar 150-100 SM. Ditulis dalam bahasa Ibrani, itu adalah teks Alkitab tertua yang diketahui sebelum penemuan Gulungan Laut Mati.

4. Kodeks Sinaiticus



Kodeks Sinaiticus atau Codex Sinaiticus ditemukan oleh Constantin von Tischendorf pada perjalannya yang ketiga ke Biara Santa Katarina, di Gunung Sinai, Mesir, 1859. Dinamakan Codex Sinaiticus karena ditemukan di sebuah biara di Gunung Sinai.



Kodeks Sinaiticus, sekarang disimpan di British Library, London, adalah naskah manuskrip lengkap Perjanjian Baru yang berasal dari abad ke-4. Para sarjana Alkitab telah menemukan potongan-potongan Alkitab yang lebih tua dengan berbagai ukuran dan kondisi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More