Dapat Pasokan 25 Ton Uranium dari Rusia, China Bakal Punya 700 Hulu Ledak Nuklir

Senin, 27 Maret 2023 - 16:23 WIB
"Bahan fisil" sangat berbahaya dan negara-negara nuklir, yang pada prinsipnya harus bertanggung jawab, tidak boleh membagikannya untuk bahan bakar program nuklir mereka, komentar seorang pejabat senior dari Departemen Luar Negeri AS, dikutip oleh Eur Asian Times.



Namun, Beijing menentang pandangan Washington, terutama mengenai pabrik CFR-600 yang kontroversial. China mengatakan CFR-600 tidak ada hubungannya dengan industri senjata. Tujuan utamanya adalah listrik untuk penduduk sipil di bawah rencana ambisius Beijing untuk menggantikan AS sebagai pemasok utama energi nuklir.

Sampai sekarang, konsensus umum adalah bahwa ini semua dalam ranah dugaan. Sebab, kesepakatan pasokan uranium untuk CFR-600 masih dirahasiakan dan tidak dipublikasikan.

Kerahasiaan seputar kesepakatan itulah yang memicu spekulasi bahwa pada titik tertentu beberapa pasokan dapat dialokasikan untuk dimulainya program senjata nuklir baru China. Selama pertemuan di Moskow Selasa pekan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi mengumumkan kesepakatan nuklir sebagai bagian dari banyak perjanjian yang ditandatangani.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More