16 Juta Pria di Asia Memiliki Genetik Kaisar Mongol Jenghis Khan

Jum'at, 31 Maret 2023 - 11:22 WIB
"Hanya dia yang memiliki kesempatan untuk memiliki gen yang tersebar di sebagian besar wilayah Asia dan terus diseleksi selama berabad-abad setelah dia meninggal dunia... orang itu adalah Jenghis Khan," jelasnya.

Jenghis Khan memiliki banyak istri, selir, dan anak, yang tidak terdokumentasi selama hidupnya. Namun, sesuai dengan tradisi Mongol, hanya putra-putra BĂ´rte (istri utama) yang dianggap sebagai pewaris sah sang Khan.

Jenghis Khan dan keturunan terdekatnya diketahui memiliki ratusan anak. Yang menjadi pertanyaan, apakah Jenghis Khan adalah nenek moyang tunggal dari 16 juta orang yang hidup saat ini?

Meskipun telah diterima secara umum, bahwa 16 juta pria yang saat ini hidup di seluruh Asia memiliki nenek moyang yang sama dari abad ke-12 Masehi di Jenghis Khan, hipotesis ini masih harus dibuktikan secara pasti.



"Tidak ada bukti silsilah nyata untuk mendukung klaim ini, karena tidak ada sisa-sisa jasad Jenghis Khan atau anggota keluarganya lainnya. Data itu lenyap jauh sebelum kemajuan ilmu genetika modern," bebernya.

Namun, penelitian terbaru telah menggambarkan tesis utama dari penelitian tahun 2003 yang menyatakan, bahwa Jenghis Khan dan kerabat dekat prianya merupakan nenek moyang 1 dari setiap 200 pria di Asia terlalu sederhana.

"Secara statistik, mungkin ada 16 juta keturunan laki-laki yang membawa gennya. Namun, untuk membuktikan dengan pasti bahwa hal ini benar secara faktual adalah sesuatu yang tidak akan pernah kita ketahui," tukasnya.
(san)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More