Mengenal Nematoda, Cacing Gelang Alien Parasit yang Hidup di Pantai Berpasir

Senin, 17 April 2023 - 07:36 WIB
Nematoda berada di tempat-tempat berpasir di seluruh penjuru dunia, dengan jutaan jenis berbeda. Foto: dok Getty Insider
AMERIKA - Foto-foto cacing alien nematoda mungkin bakal bikin Anda bergidik dan ingin menjauhi pantai. Sebab, bentuknya yang aneh dan mengerikan seperti alien

di film-film sains fiksi. Untungnya, hewan ini tidak berbahaya bagi manusia karena ukurannya mikroskopis . Tak lebih besar dari 1 milimeter.

Faktanya, pasir adalah rumah bagi ratusan spesies mikroskopis yang bahkan banyak belum terungkap. Salah satunya, nematoda. Ahli biologi laut dalam Holly Bik mengaku sedang berupaya menemukan sebanyak mungkin spesies nematoda. Menurutnya, nematoda merupakan kunci penting bagi ekosistem di seluruh dunia.

Apa Itu Nematoda?

Anda mungkin melihat semua jenis makhluk di pantai. Tetapi yang mungkin tidak Anda sadari adalah bahwa pasir di bawah kaki Anda adalah rumah bagi dunia mikroskopis cacing gelang parasit yang disebut nematoda.

Nematoda adalah filum hewan yang terdiri dari cacing tanah kecil, dikenal juga sebagai cacing gilig atau cacing benang. Mereka termasuk dalam hewan invertebrata, yang artinya mereka tidak memiliki tulang belakang atau kerangka keras.

Nematoda biasanya memiliki bentuk tubuh panjang dan silindris dengan ujung yang meruncing. Ukuran nematoda bervariasi, dari hanya beberapa milimeter hingga lebih dari satu meter panjangnya.

Nematoda hidup di setiap sudut dunia. Mulai parit samudra dan tundra bersalju, hingga gurun yang panas dan tanah vulkanik.

Tugas mereka adalah pengurai alam, mendaur ulang nutrisi kembali ke lingkungan.