Mengenal Nematoda, Cacing Gelang Alien Parasit yang Hidup di Pantai Berpasir

Senin, 17 April 2023 - 07:36 WIB


Holly Bik mengatakan, diperkirakan ada jutaan spesies nematoda yang berbeda. Namun ia telah mendeskripsikan kurang dari 5.000 spesies laut hingga saat ini.

Bik dan timnya telah mengumpulkan sampel di berbagai tujuan seperti Antartika Timur dan lereng utara Alaska hingga Pulau Tybee, Georgia, dan La Jolla, California.

Hanya Terlihat lewat Mikroskop

Nematoda biasanya berukuran kurang dari 1 milimeter, maka Bik dan timnya menggunakan mikroskop yang kuat untuk mempelajarinya. “Hanya sedikit ilmuwan yang meneliti spesies ini dan ada begitu banyak pasir di luar sana," kata Bik. "Jika Anda mengambil sedikit pasir di luar depan pintu Anda atau di pantai setempat, Anda mungkin menyimpan ratusan spesies baru,” bebernya.

Nematoda Xyala, contohnya, merupakan salah satu spesies paling melimpah di pantai berpasir di seluruh dunia. Ciri-cirinya adalah memiliki deretan tonjolan yang melingkari tubuhnya, pori sensorik melingkar kecil, dan "rambut" sensorik di sekitar kepala.

Menurut Bik, ia juga menemukan bahwa kehadiran nematoda Odontophora merupakan tanda habitat yang bersih, tidak tercemar dan sering menjadikan pantai berpasir sebagai rumahnya.

Nematoda Odontophora memiliki bukaan di salah satu ujungnya yang menyerupai franchise film “Alien”.



Para ilmuwan percaya cacing tersebut menggunakan pori-pori berbentuk spiral yang berisi gel di tubuh mereka untuk merasakan metabolit bakteri di
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More