Apa Saja Dampak El Nino Terhadap Indonesia?

Senin, 15 Mei 2023 - 18:03 WIB
Fenomena El Nino diprediksi akan melanda Indonesia beberapa waktu mendatang. Foto DOK ist
JAKARTA - Fenomena El Nino diprediksi akan melanda Indonesia beberapa waktu mendatang. Berbagai pihak pun telah diminta untuk mempersiapkan diri menghadapi dampak yang mungkin ditimbulkannya.

Mengutip laman BMKG, istilah El Nino diartikan sebagai fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di banding kondisi normalnya di Samudera Pasifik bagian tengah. Singkatnya, pemanasan SML ini berpotensi mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia dan bisa menyebabkan terjadinya kekeringan.



Dampak El Nino di Indonesia

Melihat dampaknya, fenomena El Nino menyebabkan berubahnya pola cuaca global yang nantinya dapat berimbas pada iklim di berbagai wilayah. Tak hanya di Indonesia, namun seluruh dunia.

Berikut sejumlah potensi dampak dari fenomena El Nino yang perlu diwaspadai.



1. Kekeringan

Pada prosesnya, El Nino sering dikatakan sebagai peningkatan suhu permukaan laut serta penurunan curah hujan di sejumlah wilayah. Mengutip laporan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Senin (15/5/2023), sebagai dampaknya, kekeringan bisa saja terjadi di daerah atau wilayah terkait.

Apabila benar terjadi, bukan tidak mungkin kekeringan tersebut berdampak pada sejumlah sektor termasuk pertanian. Sederhananya, kekurangan air bisa menghambat pertumbuhan tanaman serta mengurangi hasil panen.



2. Potensi Kemunculan Penyakit dan Hama

Pergantian cuaca yang ekstrem kerap memunculkan berbagai penyakit di tengah masyarakat. Salah satunya adalah demam berdarah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More